mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Jumat, 30 Maret 2012

7 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

search..


Setelah Anda selesai membuat weblog dan sudah memposting beberapa tulisan ataupun foto ke dalam blog, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah mempromosikan alamat blog Anda ke calon pengunjung. Karena tanpa ada yang tahu alamat blog Anda, tulisan atau foto-foto anda yang sudah terposting akan sia-sia.

Selain cara konvensional melalui tutur tinular, dari mulut ke mulut atau kirim sms ke teman, ada beberapa cara gampang untuk mempromosikan blog Anda di internet. Dan inilah yang bisa Anda lakukan.

1. Daftarkan blog Anda ke mesin pencari atau search engine
Anda cukup mendaftarkan alamat blog Anda ke search engine yang ada di internet, maka search engine nantinya yang akan memperkenalkan blog Anda ke semua pengguna internet.

Berikut beberapa daftar alamat search engine popular:
- http://google.com/addurl
- http://siteexplorer.search.yahoo.com
- http://search.msn.com/doc/submit.aspx
- http://altavista.com/addurl/default
- http://alltheweb.com/add_url.php
- http://baidu.com/about/service

Setelah anda mendaftar ke situs-situs search engine tersebut, maka search engine mereka akan menelusuri (meng-crawl) alamat situs Anda dan memasukkan ke daftar mereka.

Dan ketika ada pengguna internet yang melakukan pencarian lewat search engine tersebut dan salah satu keywordnya berkaitan dengan blog Anda, maka alamat situs Anda akan muncul dalam daftar hasil pencarian.

2. Daftarkan alamat blog anda ke situs-situs komunitas blogger
Anda dapat mencarinya pada salah satu search engine. (seperti: lintasberita.com, infogue.com, kumpulblogger.com dll)

3. Tukar Link
Ajak teman blogger Anda sebanyak-banyaknya untuk bertukar link di blog Anda dan sebaliknya. Tukar link ini biasanya disebut blogroll, salah satu manfaatnya untuk mempercepat popularitas blog Anda.

4. Berkunjung ke blog lain (blogwalking)
Selain untuk diajak blogroll, sempatkan mampir ke blog orang lain meskipun belum anda kenal. Tinggalkan komentar dan jangan lupa memasang alamat blog Anda.

5. Rutinitas Posting
Usahakan untuk memposting tulisan-tulisan Anda secara berkala, hal ini akan membuat pengunjung blog Anda akan datang teratur. (Jika postingan anda kebanyakan hasil copy paste, anda bisa merubah judul agar lebih menarik lagi sehingga pengunjung akan mengira ini tulisan baru bukan copas, tapi ingat tetap sertakan sumber tulisan).

6. Jangan sepelekan jejaring sosial
Facebook dan Twitter terbukti banyak bermanfaat menarik pengunjung ke blog. Maka promosikan link-link artikel menarik blog anda di sana, baik lewat update status maupun ke grup-grup yang anda ikuti. Memperbanyak teman adalah cara terbaik.

7. Menyisipkan alamat email blog pada signature email
Cara lain untuk mempromosikan blog Anda adalah dengan menyisipkan alamat blog Anda pada signature email. Sehingga pada saat teman/klien anda membaca email Anda, alamat blog anda juga akan terpampang di sana. (Bisa juga anda sematkan di kartu nama, atau bikin stiker yang ditempel di helm, bodi motor, kaca belakang mobil, atau bak truk he..he..he..!)

Sedikit sharing ini semoga bermanfaat.

Sumber: Kompasiana.com (dgn penambahan dari admin blog)

Baca juga:

1 komentar:

  1. bognya makin cakep dah. Semoga Allah memberkahi antum.

    BalasHapus