mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Sabtu, 08 Agustus 2015

Foto-Foto yang Disangka UFO Padahal Bukan, dan Penjelasannya!


Tentu anda sudah familiar dengan foto-foto yang beredar di internet yang diklaim sebagai penampakan UFO atau piring terbang. Salah satunya bahkan mungkin telah menipu mata anda dan anda pun menganggapnya sebagai kebenaran. Faktanya, hingga sampai saat ini belum ada bukti-bukti terpercaya atas klaim dari penampakan-penampakan tersebut. Berikut ini foto-foto yang sempat diklaim sebagai UFO padahal bukan, dan penjelasannya.

1. Obyek Misterius di Langit Groningen, Belanda


Foto ini diambil oleh Harry Perton, seorang blogger spesialis alam, ketika tengah terjadi badai pada malam hari di Groningen, Belanda.


Obyek bercahaya hijau di foto itu tampak seperti ubur-ubur yang melayang di langit. Apakah itu UFO?

Mr. Perton bahkan tidak melihat kehadiran obyek misterius itu sebelumnya. Dia hanya menyaksikan kilat yang terang. Jadi, apakah itu UFO yang sedang memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan hipersonik? Bagi anda penggemar UFO maka bersiaplah untuk kecewa. Faktanya, itu hanyalah refleksi cahaya pada lensa kamera. Apa buktinya?

Sangat mudah untuk membuktikan jika itu refleksi lensa. Anda tinggal menarik garis lurus panjang menembus bagian tengah piringan. Jika anda menemukan sumber cahaya di ujungnya, maka itu adalah refleksi lensa.


Dan ini adalah contoh yang lain.


Jadi anda masih percaya itu UFO? (sumber)

2. UFO Menyambangi Monas


Anda pasti akan menebak itu photoshop. Palsu dan terlalu mengada-ada. Namun ternyata foto ini sempat juga masuk dalam berita tv nasional. Sekarang lihat yang lainnya.


Foto-foto itu satu sama lainnya memiliki kemiripan. Lihatlah pada bentuk piring terbang dan sudut kemiringannya walaupun dengan skala yang berbeda.

Ya, anda yang bukan ahli photoshop pun bisa membuatnya. Hanya berbekal ponsel pintar dengan aplikasi Camera 360 Ultimate anda bisa menghebohkan dunia.


Selain Camera 360 Ultimate ada beberapa aplikasi sejenis, diantaranya: UFO Camera Gold, UFO Photo Prank, UFO Camera, dan UFO Photo Bomb.

Jadi, selamat berkreasi! (sumber)

3. UF0 Tertangkap Kamera di Kendari


Gambar ini diambil dari rekaman video ponsel seorang pelajar asal Kendari. Setelah ditayangkan di televisi banyak orang menyangka bintik hitam di tengah matahari itu adalah UFO karena sepintas tampak seperti piring terbang. Benarkah?

Dalam dunia fotografi dikenal istilah 'black spot' atau noda hitam. Black spot terjadi karena ketidaksempurnaan perekaman matahari oleh kamera. Dan ini biasa terjadi pada kamera ponsel murah. Lensa kamera yang ada tidak mampu menangkap cahaya berlebihan dari obyek sehingga menimbulkan noda hitam di tengah obyek. Fenomena ini bisa terjadi pada saat matahari bersinar dengan terik.

Dan ini contoh lainnya dari fenomena ini.


Hmm, apakah kamera ponsel anda bisa menangkap fenomena ini? Selamat kalau tidak, itu tandanya kualitas kamera ponsel anda bagus. (sumber)

4. UFO Tertangkap Kamera Melancong ke Bali


Pada 7 Juni 2011, Kompas.com memberitakan "UFO 'Melancong' ke Bali Selama Satu Jam". Menurut saksi mata, benda itu terlihat seperti pesawat yang diam, tidak bergerak, hanya melayang di udara. Di bagian bawah pesawat ada banyak lampu yang menyala sangat terang. Lihat foto di atas. Penampakan UFO itu pun berhasil diabadikan melalui kamera seluler.

Hmm, selamat untuk anda yang tidak tertipu dengan menyangkanya sebagai rombongan piring terbang. Karena dengan cara amat sederhana, kita bisa mengetahui gambar apa yang sebenarnya tertangkap di foto itu.

Anda bisa memulai dengan mengatur kontras foto tersebut. Dan inilah yang terjadi...


Ya, foto itu terlihat seperti sebuah lanskap darat. Di atas tiga cahaya di tengah, kita bisa melihat bagian gelap bersisi rata yang terlihat seperti atap bangunan. Di bagian kiri bawah terlihat adanya garis putih mirip seperti yang ada pada jalan raya. (sumber)

5. Penampakan UFO di Langit Apartemen Blok M


Benda yang diduga piring terbang ini katanya difoto secara tidak sengaja oleh seorang warga di Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun tidak butuh lebih dari 24 jam untuk membongkar kepalsuan foto itu.

Foto yang sempat dimuat di Warta Kota dan Kompas.com itu terbukti hasil rekayasa photoshop. Ufonesia, sebuah organisasi peneliti UFO di Indonesia, mengatakan bahwa piring terbang pada foto tersebut adalah foto UFO yang terpotret di Green Bay, Wisconcin pada Januari 2007. Foto itu kemudian di crop dan digabung dengan foto sebuah gedung.

Foto UFO di Green Bay


Foto sebelum diedit


Dan beginilah hasilnya.


(sumber)

Yap, di internet tentu masih banyak lagi foto-foto serupa yang butuh kita cermati dahulu sebelum mempercayai kebenarannya. Ada baiknya kita cek dan ricek sebelum menshare foto ataupun berita di dunia maya, karena alih-alih memberi informasi malah kita membantu menyebarkan berita hoax.

Untuk anda yang ingin mengetahui obyek-obyek apa saja yang sering diklaim sebagai UFO silakan baca: Obyek-Obyek yang Sering Dikira UFO Padahal Bukan

Semoga bermanfaat!

Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

1 komentar: