Minggu, 28 Oktober 2012

Unik Banget, Suku Ini Berbahasa Indonesia Tapi Berhuruf Korea!

suku cia-cia


Ada pemandangan aneh di permukiman Suku Cia-cia di Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Banyak papan nama, petunjuk jalan, bahkan rambu lalu lintas ditulis menggunakan huruf Korea. Tak heran jika kawasan mayoritas muslim di pulau Buton itu dijuluki "Kampung Korea".

Mengapa huruf Korea populer di sana? Apa gara-gara mereka keranjingan Gangnam Style? Atau karena terpengaruh K-pop?

Bukan itu penyebabnya. Zaman dahulu Suku Cia-cia tak memiliki huruf. Berbeda dari suku Jawa yang memiliki huruf Jawa, suku ini tak memiliki huruf asli.

Masalahnya bahasa yang digunakan suku ini agak susah jika ditulis menggunakan huruf latin (abjad). Justru lebih pas kalau dieja menggunakan huruf Hangeul Korea. Karena itulah mereka kemudian menggunakan huruf Korea tersebut.

tulisan korea


cia-cia road sign


Sejak tahun 2005, pemerintah setempat menjalin kerja sama dengan Korea Selatan. Dua tahun kemudian, Pemerintah Kota Bau-Bau bekerja sama dengan lembaga riset bahasa Korea menyusun buku bahasa Cia-cia dengan huruf Korea. Huruf Korea kemudian diajarkan di semua jenjang sekolah, mulai dari SD hingga SMA dalam pelajaran muatan lokal (mulok).

Wah, apa tidak bertentangan dengan Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928 ya? Kamu masih ingat kan isi Sumpah Pemuda? Salah satunya, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

bau-bau


Lalu mengapa Pemerintah Bau-Bau justru mengajari warganya bahasa Korea? Ternyata, yang dipelajari dan digunakan cuma hurufnya. Bahasa yang digunakan tetap bahasa Indonesia. Jadi walau ditulis menggunakan huruf Korea, bacaannya tetap bahasa Indonesia.

Sumber: Koran Suara Merdeka edisi Minggu, 28 Oktober 2012 hal. 26 (dengan sedikit perubahan).

Baca juga:

7 komentar:

  1. Koplak..!!! Hoax.. Anjrriiiittt looee.. Gw ngamuk krn ini pembodohan publik.. Daerah itu tempat gw lalu lalang tiap minggu.. Bahasa cia_cia sama skali ga da hbungnnya sma huruf korea.. Cari muka aja..!!!

    BalasHapus
  2. Kok bisa ya........?.......
    http://jualbotolasibaru.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. bahasa indo dngn huruf korea ? "sekolah dasar" nya kok masih dalam bahasa korea?

    BalasHapus
  4. Sok unik , norak !

    BalasHapus