mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Minggu, 07 Juli 2013

Obyek-Obyek yang Sering Dikira UFO Padahal Bukan


Jadi suatu saat kamu melihat sesuatu terbang di angkasa, obyek aneh yang tidak biasa, terus batinmu mengatakan itu pesawat UFO! Hemm, belum tentu kawan. Di bawah ini ada beberapa catatan tentang benda-benda terbang yang sering dianggap UFO, padahal bukan.

1. Meteor


Umumnya terlihat di malam hari, lintasan gerak cepat dan lurus, tiba-tiba ada dan tiba-tiba menghilang. Warna umumnya kuning ke merah-merahan. Tidak bersuara, kecil sekali. Sebutan lain dari meteor adalah bintang jatuh.

2. Pesawat terbang

Ciri-cirinya untuk pesawat terbang komersial, umumnya terbang tinggi dan berjalan lebih lambat daripada pesawat terbang jet tempur. Bila diperhatikan, akan terlihat sayap dan ekornya. Bila malam, lampu berkerlap-kerlip, umumnya paling sedikit ada dua/tiga lampu. Suara gemuruh pesawat akan terdengar, umumnya tidak langsung, karena gelombang suara merambat untuk sampai di pendengaran.



3. Komet atau bintang berekor

Cirinya tidak bergerak, umumnya ada di dekat cakrawala. Umumnya akan terlihat dalam beberapa hari.

4. Awan

Umumnya berwarna putih dan bisa saja berbentuk seperti piring terbang. Bergerak diterpa angin. Bisa tiba-tiba berubah bentuk atau hilang apabila cuacanya memungkinkan. Fenomena awan berbentuk UFO ini bisa terjadi bahkan pernah dilaporkan ada tiga kelompok awan UFO yang dikira UFO padahal cuma awan.

Awan lenticular


5. Bayangan sinar di awan

Bisa berbentuk bulatan bergerak-gerak di langit. Umumnya keadaan cuaca berawan rendah, malam hari dan di daerah perbukitan. Lampu kendaran yang sedang menanjak terkena awan atau kabut dan kemudian terlihat oleh orang di balik perbukitan sebagai lingkaran cahaya yang bergerak-gerak dan kadang hilang, kadang muncul. Bisa juga lampu sorot yang kuat dalam suatu atraksi pertunjukan menyebabkan hal ini.

6. Mata berkunang-kunang

Mungkin karena jatuh atau mata habis terpejam atau sebab lain, kamu melihat lingkaran-lingkaran dan mungkin juga semacam kunang-kunang. Oleh orang yang tidak menyadari hal ini, bisa terkejut karena ia mengira telah melihat UFO.

7. Petir


Kadangkala ada yang berbentuk bola petir dan seakan-akan seperti sebuah UFO yang terbang.

8. Balon udara

Cirinya gerak agak lambat mengikuti angin, bentuknya umumnya bulat. Kadang balon cuaca menggunakan bahan yang seperti warna metalik sehingga bila terkena sinar matahari akan berkilau-kilauan.

Balon udara Goodyear yang disangka UFO saat pembukaan Olimpiade London 2012



9. Bayangan lampu di mobil/kereta api

Kadang kalau kamu melihat keluar lewat jendela mobil atau kereta yang ada kaca jendelanya, kamu bisa melihat gerakan-gerakan lampu. Padahal itu cuma pantulan lampu saja yang membuat gambaran sebuah benda yang terbang di angkasa.

10. Bintang/planet yang terang


Bintang berbeda dengan planet, bintang berkedip sementara planet tidak. Pada saat-saat tertentu, saat mengalami konjungsi (pertemuan dua planet atau lebih dalam satu titik pandang dari bumi), maka sinar bintang atau planet itu tampak terang sekali (tidak seperti biasanya).

11. Burung

Pada malam hari, burung-burung yang terbang mungkin saja kena lampu kota sehingga sinarnya memantul dari badannya. Ini bisa dilihat sebagai sekumpulan UFO yang terbang membentuk formasi.

12. Cacat film

Kalau kebetulan kamu memotret dan kebetulan kemudian terlihat ada bintik hitam di hasil foto kamu. Bisa jadi itu hanyalah karena cacat film. Untuk mengetahui apakah itu cacat film atau bukan, harus diperiksa di laboratorium.

13. Halo Bulan


Lingkaran di sekitar bulan, terlihat terutama bila purnama. Umumnya cuaca disertai dengan berawan tipis. Sinar bulan yang kena awan bisa membentuk lingkaran di sekitar bulan yang disebut dengan Halo. Halo ini bukan UFO dan merupakan gejala alam biasa.

14. Mercon roket/kembang api

Umumnya bergerak naik ke atas dan ketika di atas meledak dan mengeluarkan berbagai cahaya. Bila jarak cukup dekat, umumnya suara ledakannya bisa terdengar.

Selain hal-hal di atas, fenomena penampakan UFO yang tersebar di media massa terkadang muncul karena laporan-laporan fiktif ataupun foto hasil rekayasa komputer.

Sumber: Betaufo.org


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar