Rabu, 24 Juli 2013

[salahkata] Alhamdulillah atau Alkhamdulillah, Pilih Mana Nih??!


Ehem.. ehem.. kawan-kawan, hari ini admin mau ngebahas tentang huruf "ha" dan "kha", biar kamu nggak bingung saat dikasih pilihan kayak di atas. "Ha" dan "kha" ini sejatinya sudah berkali-kali dimasukin ke dalam kata-kata kita, khususnya buat transliterasi kata Arab ke Indonesia, yah kayak judul di atas itu. Tapii, kadang adaaa aja orang salah naroh gitu. Oke, langsung kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) buat nyari tau makna kata "ha" dan "kha". Jeng! Jeng! Jeng!

Nah, menurut KBBI ini nih, arti kata tersebut adalah:

Ha: punya beberapa arti sih kayak,

1) (ha kecil: ) n nama huruf ke-6 abjad Arab

Yep, ini huruf hijaiyah setelah "jim" dan ini huruf pertama yang kita bahas, bunyinya kayak dalam kata: persawahan atau pernikahan gitu deh.

2) (ha besar: ) n nama huruf ke-27 abjad Arab

Kalo yang ini urutannya sehabis huruf "wawu". Ehh, kita lagi ga ngomongin huruf ini jadi lupakan ajah, ohiya bunyinya kayak dalam kata: perusahaan atau berhaji.

Huruf kedua yang kita bahas selanjutnya adalah..

Kha: artinya, kha n nama huruf ke-7 abjad Arab

Jadi ini huruf setelah "ha (kecil)" yaa. Naa, kha ini biasanya dibaca kho sama orang-orang kita, kayak khatib jadi khotib, khairul ummah jadi khoirul ummah gitu. Tapi suatu saat tetep dibaca kha, kayak khalayak, kharisma, atau khas.

Naa, sebagai warga NKRI yang baik lagi budiman kita musti patuh sama KBBI sebagai pedoman hidup dalam menulis dan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Mantaps! Sekarang perhatikan kata-kata di bawah ini dan kira-kira mana yang benar.

Alhamdulillah vs Alkhamdulillah

Subhanallah vs Subkhanallah

Muhammad vs Mukhammad

Ahmad vs Akhmad vs Achmad

Rahmat vs Rakhmat vs Rachmat

Ihsan vs Ikhsan vs Ichsan

Muhasabah vs Mukhasabah

Hasanah vs Khasanah

Husnul Khatimah vs Khusnul Khatimah

• ... (ada yang mau nambahin?? tambahin doong..)

Kunci jawaban: kata yang dicetak tebal itulah yang bener. Ada yang mau protes?? Nggak yaa..

Baiklah kawan-kawan, sekarang kita semua sudah tahu. Naa, mulai sekarang hayuk yukk kita biasakan diri masing-masing menulis dan berbahasa Indonesia yang baik dan bener.

Catatan: biar ngga keliru naroh huruf "ha" atau "kha" saat mau nransliterasi, kamu kudu tahu juga loh penerapannya dalam tulisan Arabnya, makanya hayukk ngaji tajwidnya jangan males!!


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar