mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Selasa, 09 Juli 2013

Wuih, Anggrek Unik! Bermuka Moyet Sampai Berujud Pria Telanjang


Meski kebanyakan tidak beraroma wangi namun banyak orang suka bunga anggrek karena keelokkan dan keindahannya yang memukau apalagi beberapa di antaranya memiliki penampakkan unik seperti di bawah ini. Yuk dilihat!

1. Anggrek Berwajah Monyet


Monkey face orchid atau anggrek berwajah monyet, anggrek langka ini dikenal dengan nama Dracula Simia. Rupanya unik menawan. Bagian dalam dari bunga ini terlihat seperti wajah seekor monyet yang sedang menyeringai. Bunga anggrek ini memiliki wangi seperti buah jeruk. Tumbuh di daerah pegunungan Ekuador, Kolombia, dan Peru pada ketinggian 1.000 sampai 2.000 meter di atas permukaan laut.

2. Anggrek Lebah


Dikenal dengan bee orchid atau anggrek lebah (Ophrys apifera) karena bentuknya yang mirip lebah. Selain di liputi bulu-bulu yang mirip pada lebah asli, ternyata bunga ini juga menghasilkan zat kimia yang sama untuk memikat lebah jantan. Lebah jantan yang terpikat akan mendekat dan bersinggungan, kemudian serbuk sari yang menempel pada lebah jantan akan menyerbuki putik bunga itu. Anggrek unik ini banyak ditemukan di wilayah Eropa terutama Inggris, Irlandia dan Wales.

Admin: sebetulnya sih lebih mirip kumbang ketimbang lebah yaa..

3. Anggrek Bangau


Warnanya putih bersih, cantik mirip burung bangau sedang terbang. White Egret Orchid (Habenaria radiata) merupakan spesies anggrek tanah yang langka. Angrek ini merupakan endemik di wilayah bagian barat Henan China, Jepang dan Korea. Sayangnya, di alam liar populasinya kian terancam.

4. Anggrek Laba-laba


Bunga anggrek kelompok Caladenia ini memang mirip laba-laba. Makanya, dia terkenal dengan sebutan spider orchid. Caladenia berasal dari bahasa yunani, calos yang berarti cantik dan aden yang artinya kelenjar. Kadang disebut juga kelompok arachnorchis. Mereka banyak tumbuh di daerah Australia dan berbunga di musim semi.

5. Anggrek Bebek Terbang


Anggrek ini benar-benar persis seperti bebek kecil dengan sayap terbentang sedang terbang. Karena kemiripannya itulah ia dinamakan flying duck orchid (Celeana major). Sayangnya anggrek berjenis Caleana ini sulit dibudidayakan. Pasalnya akar bunga ini tersambung dengan vegetatif jamur yang hanya ditemukan di alam liar negara Australia bagian timur dan selatan.

6. Anggrek Pria Telanjang


Penampakkan anggrek Orchis Simia atau yang sering disebut juga anggrek monyet ini sungguh vulgar, terlihat seperti pria telanjang. Bunga anggrek yang terdiri dari paduan dua warna ungu dan putih ini kelopak atau mahkotanya ada yang membentuk tangan, kaki, kepala, dada dan perut serta ukurannya yang paling kecil yaitu penis. Anggrek berbau seperti kotoran manusia ini biasanya mekar pada musim semi dan banyak ditemukan di dataran Eropa hingga mediterania.

7. Lady Orchid


Kalau yang satu ini bisa dikatakan pasangan si anggrek pria telanjang. Namun bunga anggrek ini adalah Lady Orchid atau Anggrek Perempuan, nama ilmiahnya Orchis purpurea.

Mengapa disebut Lady Orchid? Karena jika dilihat lebih dekat, bunga ini mirip perempuan memakai rok lebar yang sedang bergandengan tangan. Bunga ini memang mirip dengan anggrek pria, bentuknya bergerombol, namun jika dilihat satuan dan lebih dekat, bentuknya mirip wanita yang memakai rok.

Lady Orchid tumbuh dengan warna putih yang dihiasi dengan warna ungu gelap di bagian pinggir dan bagian tengah. Lucu ya, ada bunga yang sepasang mirip manusia.

Nah kawan, mana anggrek pilihan kamu?


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar