Rabu, 10 Juli 2013

Ide-Ide Amalan Shalih Buat Ngisi Ramadhan


Alhamdulillah.. nyampe juga kita di bulan penuh berkah ini, bulan Ramadhan. Tentu dong ya jangan disia-siain biar ngga nyesel berlalu begitu aja tanpa dapat apa-apa. Nah, udah pada tahu kan kalo di bulan mulia ini segala amalan shalih akan dilipatgandakan pahalanya. Tapi kamu bingung mau ngelakuin apa gitu saking banyaknya amalan yang pengen kamu lakuin. Cup.. cup.. cup.. gak usah sedih, nih takasih ide-ide biar Ramadhanmu kali ini berpahala melimpah ruah.

Shalat Berjamaah

Iya, shalat berjamaah di masjid yang udah lama ini kamu tinggalin. Cepetan gih semangat lagi shalat berjamaah bareng imam di masjid! Lima waktu komplit. Naa, Ramadhan kali ini kamu datengnya awalan dikit biar dapet shaf pertama dan takbiratul ihram imam. Fadhilahnya gede loh buat orang yang shalat di shaf pertama dan yang ngedapatin takbiratul ihram bersama imam.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebaik-baik shaf kaum laki-laki adalah di depan, dan sejelek-jeleknya adalah paling belakang." [1]

Imam at Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, ia mengatakan: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

"Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbiratul pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan." [2]

Tuu, mau nggak dibebasin dari api neraka? Iya sih, tapi kok 40 hari. Lama bangeeet??! Halaah, kalo udah niat insya Allah bisa kok.. Optimis dong. Iyak kayak gitu.

Membaca Al-Qur'an

Iya, kamu khatamin 30 juz yaa. Kalo nggak sekarang mau kapan lagi?? Pas Ramadhan gini orang-orang pada semangat baca Qur'an jadi kamu bisa lebih semangat harusnya. Satu juz satu hari cukuplah. Biar nggak kerasa berat jangan baca sekaligus tapi dipipil tiap habis shalat atau saat menunggu buka. Terus juga diinget-inget sampe mana bacaan Qur'an-nya tadi di rumah jadi pas di masjid tinggal dilanjutin aja. Banyak baca pahalanya gede loh.

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” [3]

Pernah ngitung huruf di Al Qur'an?? Ribuan loh itu. Coba kamu kali 10. Oiya, padahal ini kan Ramadhan, wah jadi berlipat-lipat deh hasilnya.

Menghafal Al-Qur'an

Nah biasanya saat Ramadhan banyak waktu luang kan yaa, kenapa nggak dimanfaatin ngapalin Al Qur'an aja? Pasti udah pada ngilang tuh apalannya. Yaph, ini saatnya kamu ngulangi apalan yang dulu. Kalo udah mantep apalannya, tambahi lagi dong yah minimal bisa hafizh juz 30, keren loh jangan kalah sama anak tk. Orang yang hafizh Qur'an punya derajat tinggi loh di akhirat.

Dari ‘Abdullah Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Dikatakan kepada pembaca Al Qur'an: Bacalah dengan baik dan baguskanlah sebagaimana kamu membacanya dengan tartil pada waktu kamu di dunia. Karena sesungguhnya tempatmu tergantung pada akhir ayat yang kamu baca.” [4]

Bener, jadi kedudukan kamu nanti di akhirat itu bisa naik tinggi tergantung seberapa banyak hapalan Al Qur'an kamu di dunia. Semangat!!

Baca buku/majalah

Bukan novel atau majalah gosip lo ya, tapi yang bisa nambah kepinteran kamu soal agama. Biasanya pas Ramadhan gini kan banyak yang jualan buku-buku sama majalah Islam pake didiskon, naa manfaatin tuh buat nambah keilmuan kamu. Tapi ati-ati jangan salah pilih bacaan, bisa-bisa bukannya nambah pinter eh keluar Ramadhan malah jadi keblinger. Dengan banyak-banyak baca, kamu bisa jadi banyak tau seputar permasalahan agama. Sipp!

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan pahamkan dia dalam agama." [5]

Naa, coba kamu merenung sebentar, kalo selama ini ikut taklim aja ogah, baca-baca juga males, terus mau bisa paham agama dari mana?? Padahal tanda-tanda orang merugi itu dia yang nggak paham agama. Makanya, ayo gih cepetan belajar agama!

Siapa yang semangat belajar agamanya Allah Azza wa Jalla akan memudahkan dia masuk surga. Wuih, apa nggak sedep tuh?!

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa yang menelusuri jalan yang ia cari ilmu padanya, maka Allah akan memudahkannya jalan menuju surga." [6]

Bersedekah

Naa, di bulan ini coba deh kamu sisihin tiap hari seribu perak aja (lebih banyak sih sebetulnya lebih bagus) buat nyantunin pengemis atau fakir miskin yang kamu temuin di jalanan atau dimasukin kotak masjid. Pokoknya niatin di bulan suci ini tiada hari tanpa bersedekah gitu. Banyak sedekah itu bikin kamu kaya loh.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” [7]

Jadi Ramadhan kali ini jangan pelit ah. Satu lagi, banyak sedekah bikin dosa-dosa kamu berguguran. Wihh, siapa yang nggak mau tuh?!!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” [8]

Bermuka manis

Yep, bermuka manis pun bisa dapet pahala loh. Ingat kan kalo senyum sama saudara itu bernilai sedekah.

Dari Abu Dzar, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.“ [9]

Selemes apa pun tubuh kamu karena puasa, kuat-kuatin lah pasang muka berseri ketika bertemu orang lain. Saling senyum sama sesama itu bisa ngilangin kepayahan saat puasa juga loh. Coba aja, pas puasa gitu, cuaca panas kamu kecapean terus pulang ke rumah disambut senyum manis orang terkasih, masya Allaah.. bikin seger kembali pastinya.

Juga, biasanya perut laper kan bawaannya emosi mulu yaa, naa usahain lah biar dapet pahala berlipat kamu bela-belain bermuka manis dalam situasi kalo mau marah-marah gitu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada seorang sahabatnya,

"Jangan kamu marah, maka kamu akan masuk Surga." [10]

Mau kan masuk surga?? Yah makanya jangan suka marah-marah..

Sebenernya sih masih banyak amalan-amalan yang bisa kamu lakuin di Ramadhan ini, kayak bantu-bantu ortu di rumah, dhuha-an, ngapalin zikir dan doa-doa, nyingkirin paku di jalanan, ngajarin adek-adek shalat, atau nyebarin tulisan bermanfaat di socmed kalo kamu nggak punya blog. Yang penting sih niatnya yang ikhlas yaa nggak boleh niat pingin dipuji atau sebangsanya itu. Wallahu a'lam.


Footnote:
[1] HR. Muslim no. 440.

[2] HR. Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani di kitab Shahih Al Jami’ II/1089, Al-Silsilah al-Shahihah: IV/629 dan VI/314.

[3] HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469.

[4] HR. Abu Dawud dan Tirmidzi, dan dia berkata: Hadits Shahih.

[5] Shahih, HR. Ahmad dan Ibnu Majah dari Mu’awiyah lihat Shahih Jami’ no. 6612.

[6] Shahih, HR. Muslim.

[7] HR. Muslim, no. 2588.

[8] HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614.

[9] HR. at-Tirmidzi no. 1956, Ibnu Hibban no. 474 dan 529, dll. Dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, dan dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam “ash-Shahihah” no. 572.

[10] Shahih. HR. ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausath no. 2374 dari Sahabat Abu Darda radhiyallahu anhu. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahîh al-Jâmi’ish Shaghîr no. 7374 dan Shahîh at-Targhîb wat-Tarhîb no. 2749.


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar