Sabtu, 26 Mei 2012

SMS Gempa dan Dajjal


Afwan ana hanya ingin minta tanggapan tentang sms di bawah ini. Apkh kita harus ikt mnybrkan ssuai anjurannya atau tdk dsbrkn?
"Bergetar umat Islam hari ini. Pakar BMKG Aceh pukul 5 sore kmarin mndapat sesuatu bunyi ganjil lagi, sperti ngaungan raksasa, yg kedua kalinya, dari bawah dasar lautan samudra fasifik. Mnurut para Ulama itu suara Dajjal yg brusaha naik ke dunia. Oleh itu, kita disuruh snantiasa tdk brhenti Adzan dan sholat 5 wkt. Siapa yg membca ini tolong sbarkan ke 20 org jgn dipermainkan lillahitaala. Demi Allah ini amanahmu dlm wktu 12 jm gak dikirim, musibah brupa dibenci orang, akan sial smpe umur 48 thn. Apa arti beberpa sms grtis, hnya sling mengingtkn sesama muslim." (08524378xxxx)

Tanggapan Redaksi:

Pertama, kita harus meyakini bahwa Dajjal memang akan ada. Kita juga harus meyakini bahwa adzan harus dikumandangkan dan shalat harus ditegakkan lima waktu setiap harinya.

Kedua, Dajjal merupakan salah satu tanda hari kiamat dan itu merupakan perkara gaib sebelum datangnya. Perkara yang gaib tidak bisa sembarangan kita berbicara, harus ada landasannya dari Al-Qur'an atau hadits.

Ketiga, siapa ulama yang menerangkan bahwa suara ngaungan gempa bumi tersebut adalah Dajjal dan apa landasannya.

Keempat, bersumpah atas nama Allah pada sesuatu yang dusta merupakan dosa besar.

Kelima, ancaman terjadinya musibah karena tidak melakukan sesuatu adalah perkara gaib, tidak diketahui kecuali melalui Al-Qur'an dan hadits.

Kesimpulannya, SMS seperti ini tidak usah disebarkan karena kita tidak tahu kebenaran isi yang disampaikannya.

Dan yang terakhir, menasihati itu baik, tapi bukan dengan berdusta, apalagi dengan sumpah atas nama Allah Subhanahu wa Ta'ala. Yang berat bukan beberapa SMS gratisnya, tapi yang berat adalah pertanggungjawaban kita di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala karena menyebarkan berita dusta. Selain itu, juga memberatkan si penerima SMS.

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 16 vol. 02 1433 H - 2012, dalam rubrik Tegur Sapa Sobat Tashfiyah.


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.




Baca juga:

18 komentar:

  1. Saya sangat setuju dg pembahasan tersebut diatas. Saya pun baru saja mendapat SMS yang persis. Sebenarnya saya marah, tapi saya coba redakan dan saya coba nasehati dengan lebih menitikberatkan pada Al-Quran dan Hadits. Tp smpai skrg juga blm ada balasan.

    BalasHapus
  2. setuju sekali,to banget

    BalasHapus
  3. "Bergetar umat Islam hari ini. Pakar BMKG Aceh pukul 5 sore kmarin mndapat sesuatu bunyi ganjil lagi, sperti ngaungan raksasa, yg kedua kalinya, dari bawah dasar lautan samudra fasifik. Mnurut para Ulama itu suara Dajjal yg brusaha naik ke dunia. Oleh itu, kita disuruh snantiasa tdk brhenti Adzan dan sholat 5 wkt. Siapa yg membca ini tolong sbarkan ke 20 org jgn dipermainkan lillahitaala. Demi Allah ini amanahmu dlm wktu 12 jm gak dikirim, musibah brupa dibenci orang, akan sial smpe umur 48 thn. Apa arti beberpa sms grtis, hnya sling mengingtkn sesama muslim."


    hahahaha... ada2 saja dajjal mencari cara untuk mendangkalkan aqidah umat islam. tapi sepertinya tuan dajjal harus belajar letak geografi indonesia deh. masak Aceh letaknya di samudera pasifik. bukannya yang bertetangga dengan samudra pasifik itu papua :p

    BalasHapus
  4. betul, yg ngirim SMS gk pernah belajar geografi ato liat peta tuh, wong aceh di barat sebelahan samudra hindia, and samudra pasifik di seblah timur tetannga papua. Salah penulisan karena make tablet, jadi mls benerinya

    tablet, jadi mls

    BalasHapus
  5. cari hikmah dg berdasar yg benar...

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum..
    Saya juga baru menerima bbm seperti itu kemarin.
    Isinya sama, hanya waktunya pukul 5 pagi.
    Saya tdk menyebarkannya, karena sepengetahuan saya,kemunculan dajjal itu gaib dan saya juga paling anti dengan ancaman2 yg biasanya disertakan dalam bbm/sms seperti itu.
    Tapi karena penasaran, saya coba browsing dan ternyata issue seperti ini udah cukup lama ada. Itu tambah meyakinkan saya bahwa saya memang tdk perlu menyebarkan issue2 seperti itu.
    Terima kasih untuk jawaban dr redaksi dan komen temen2 di atas. Kita memang perlu untuk berpikir jernih dan cerdas menanggapi hal2 seperti ini :)

    BalasHapus
  7. Assalam. Dajjal salah alamat kayak ayu ting ting. :)

    BalasHapus
  8. Knp Kok 20 orang....aja saudara kita kan banyak ...20 angka genap

    ALLAH 1 (Esa) jadi percayalah ma ALLAH SWT....Yg menciptakan kita....sujudlah

    BalasHapus
  9. Ass......iya teman2 saudaraku seakidah semua.....jgn sampai kita trerjebak oleh hal2 yang justru akan menjerumuskan kita....Hanya Allah jualah tempatku bersandar....Amin...amin...amin.... Wss..

    BalasHapus
  10. yang penting ambil faedahnya saja dari sms itu, yakni jangan tinggalkan sholat fardu dan banyak-banyak berdzikir membaca kalimat toyyibah dan shalawat Nabi....
    dan usahakan sunnah2 yang lain juga dijalankan...

    BalasHapus
  11. sekarang jaman dah berubah kebanyakan orang munafik dari hp tanpa tau ke benaran berita tersubet , saya juga dapat sms tersebut

    BalasHapus
  12. wh trnyata bnyk ya yg dapat sms sperti tu..
    ktika sya dpt tu sms sys gk bls lupa.. apk diantara agan2x juga ada yg tidak ngbales sms tu..?

    BalasHapus
  13. Solat dan semua syariat agama memang sudah jadi kewajiban kita, tetapi berpendapat seperti ulama yg menyatakan itu suara Dajjal tanpa dasar adalah menyesatkan , teliti dulu siapa tau itu adalah kejadian alam.

    BalasHapus
  14. Kl saya br dpt sms kyk gt br hr ni, isix sama cm gempax trjadi di iran.
    Saya bls dg mengcopy kalimt tanggapn redaksi di atas

    BalasHapus
  15. Kl saya br dpt sms kyk gt br hr ni, isix sama cm gempax trjadi di iran.
    Saya bls dg mengcopy kalimt tanggapn redaksi di atas

    BalasHapus
  16. Kl saya br dpt sms kyk gt br hr ni, isix sama cm gempax trjadi di iran.
    Saya bls dg mengcopy kalimt tanggapn redaksi di atas

    BalasHapus