mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Jumat, 15 Juni 2012

Kenapa Habis Diminum Botol Aqua Harus Diremukin?

botol bekas


Bukan bermaksud ngiklan sih ya kalau bawa2 merek Aqua sgala.. Yg aku tahu sih kamu pasti langsung ngeh bayangin air mineral begitu baca nama Aqua. Makanya, ketimbang judulnya jadi panjang: Kenapa Habis Diminum Botol Air Mineral Harus Diremukin? kan alangkah bagusnya kalau disimpelin aja kayak judul di atas. Iya nggak??

Trus sekarang apa? Ya udah ketimbang bengong, jawab aja pertanyaan di atas? Tang ting tung... Oke deh simpan dulu jawaban kamu di hati masing-masing. Sekarang aku ajak kalian lihat2 jawaban kawan-kawan Fb-ku. Penasaran?? Yukk..

Pas Rabu kemarin (12/6/12) aku nulis status begini:
Ada yg tahu knapa botol air mineral hrs diremukin habis diminum?

Dan inilah jawaban temen2:

De Zwerver : emang ada peraturan gitu ya ?

@admin: ada nggak ya?? ni anak emang aneh ditanya balik nanya >.<

Tin Untari Mardiastuti : biar ndak dipake lagi,, karena jenis plastik yang digunakan itu ga bisa 2 kali pakai untuk bahan makanan,, cmiiw

@admin: ups, yg diomongin kan soal minuman ini kok malah makanan..??? (ya udah deh ga papa, yg penting kasih komen..)

Maktabah Manhaj Salaf : Mungkin: Agar tdk disalah gunakan olh pemalsu air botol, krn harga botol yg bersih & kucel dibedakan Wallahu a'lam

@admin: sungguh alasan tepat!! harga botol bersih beda sama botol kucel ck..ck..ck.. (tp gak nyelesein masalah)

Angga Yuda : biar ga disalah gunakan oleh oknum-oknum yg tdak bertanggung jawab

@admin: ohh tiba2 penasaran sama wajah si oknum, tp biarlah itu urusan pihak berwajib. (hehehe, komen admin garing yaa..)

Bocah Cengeng : Karna dibawah botol terdapat kode untk sekali pakai

@admin: hmm, naluri detektif tiba2 muncul buat mecahin kode tsb (silakan liat jawabannya di bawah)

Masthink Masih Terasing : agar terlihat keren seperti iklan di TV. :D

@admin: waw! asik banget tuh, skalian aja remukin galon aqua... (secara ade ray gitu loh!)

Kisah Kehidupan : Btuh ratusan thn utk mengurai sampah plastik

@admin: think!! mendadak punya ide brilian... bikin pulau apung di tengah samudra pasifik dari tumpukan botol aqua bekas buat nampung sodara2 kita yg kurang beruntung skaligus turut ngasih solusi masalah kepadatan penduduk.. lumayanlah bisa dihuni seabad plus keliling dunia gratis (horreee...)

Asy Syifa : biar ga bwt isi ulang,,

@admin: perasaan cuma aqua galon aja deh yg 'secara legal' boleh diisi ulang.. -.-

Kisah Kehidupan : Di jkrta bnyk beredar air mineral palsu,mgkn itu utk mencegah

@admin: ini.. #curhat kah???

Dan kira2 jawaban mana yg pas menurut kamu??! Silakan tulis jawaban kamu di komentar bawah yawww..

Kalau menurut aku sih, jawaban si Bocah Cengeng akan membawa kita mengungkap selubung misteri ini. Sayang, dia hanya bilang "kode di bawah botol". Apa maksudnya???!

Aha!! Kepada siapa lagi kita bertanya di dunia maya ini kalau bukan sama Eyang Google.. Jeng.. Jeng..!! Dan akhirnya, inilah hasilnya...

kodenya spt ini


Kode ini memang biasa kita temukan di botol bagian bawah. Tanda ini biasanya berupa logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya serta tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate) di bawah segitiga. Biasa dipakai untuk botol plastik, berwarna jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya.

Nah, botol jenis kayak PETE/PET ini cuma disarankan hanya untuk sekali pakai, krn bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat (apalagi panas!), akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang. Mengerikan!!

Asal tahu aja ya, bahan PETE ini pun berbahaya bagi pekerja yg berhubungan dengan pengolahan botol maupun daur ulang botol PETE-nya.

Pembuatan PETE menggunakan senyawa antimoni trioksida. Senyawa ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dengan menghirup udara yang mengandung senyawa tersebut.

Bahkan seringnya menghirup senyawa ini dapat mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. Khusus bagi wanita nih, senyawa ini bisa meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran. Bila melahirkan pun, anak mereka kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan. Oh tidaaak.. (sekali lagi) ME-NGE-RI-KAN!!

Mayoritas bahan PETE di dunia digunakan untuk serat sintesis dan bahan dasar botol kemasan. Di dalam pertekstilan, PETE biasa disebut dengan polyester.

Yah, kira2 gitu lah penjelasan ilmiah plus dampak negatifnya, sehingga kita pun tahu dan punya alasan kenapa harus ngremukin botol Aqua (jg merek2 yg lain tentunya) sehabis diminum.

Tapiii... kalau misal nggak mau ikut2an ngremukin jg sah2 saja kok, bukankah botolnya bisa dibikin prakarya yg unik semisal mobil2an atau pesawat terbang, atau bagi ibu2 di rumah buat nampung sesuatu di dalamnya?? Yg penting bukan buat dikonsumsi lagi.. So, terserah kamunya dongggg..

PENGUMUMAN!
Punya investigasi iseng yg menarik? Semacam artikel ini nih! Kirim saja ke blog ini via email atau inbox-in ke Fesbukku. Investigasi iseng yg berhasil dimuat 3 kali bakal dapet pulsa 5 rb (lumayan lah...). Syaratnya: artikel asli bukan kopas-an punya orang lain, ada unsur manfaatnya dan tulisan nggak boleh serius2 amat. Ditunggu yaa!!

Eeh, jgn pergi dulu.. baca yg ini loh!

2 komentar:

  1. Wah ngeri juga ya kalo digunakan berkali-kali :o

    BalasHapus
  2. Bagaimana kalau air dalam botol aqua tersebut kena panas sebelum di buka. Kan produksinya di jawa, sedangkan saya belinya di papua. Tentunya botol tersebut terkena panas berhari-hari bahkan berbulan-bulan pada saat mobilisasinya dari jawa ke papua. Dan terjemur toko sampai akhirnya dikonsumsi..

    BalasHapus