mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Jumat, 20 April 2012

Pupuk Murah Meriah Bikinan Sendiri

kompos


Kesuburan suatu tanaman banyak bergantung pada kandungan tanah tempatnya tumbuh (media tanamannya). Sekarang sangat banyak tersedia jenis pupuk tinggal beli saja sudah dapat. Ada pupuk kandang dengan aromanya yang kurang sedap atau pupuk kimia yang perlu dana lumayan. Kalau ingin menghindari kedua hal tersebut di atas, kita dapat memakai alternatif lainnya yaitu memanfaatkan daun-daun yang akan dibuang ke sampah.

Daun muda yang kita jadikan pupuk alternatif itu bisa berasal dari tanaman apa saja dan diutamakan daun muda yang lebar. Daun muda tersebut dirajang kecil-kecil supaya proses pelapukannya lebih cepat, kemudian ditaruh secukupnya di sekeliling batang tanaman yang akan dipupuk dan disiram setiap hari.

Jika daun muda tersebut sudah lapuk akan mengeluarkan hormon pertumbuhan (AUKSIN) yang akan merangsang munculnya nodus (bakal) akar dan daun, karena hormon auksin merangsang perkembangan/pertumbuhan akar serta daun baru sehingga tanaman semakin bertambah subur.

Pemupukan alternatif ini sangat cocok untuk tanaman pot dan pemberiannya jangan terlalu sering karena akar yang terlalu banyak akan mengganggu media tanaman pot.

Sumber: www.indonesiaberkebun.org

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar