mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Kamis, 10 Mei 2012

Tips Merawat Layar Touchscreen Agar Awet

touchscreen


Layar sentuh (touchscreen) kini sudah diterapkan ke berbagai perangkat elektronik dan gadget. Dengan teknologi canggih ini, untuk mengoperasikan perangkat, misalnya ponsel, tak perlu memencet tombol keypad saat mengetik dan navigasinya. Tapi cukup menyentuh ikon pada layar dengan jari.

Layar sentuh baik pada ponsel atau gadget lain terdiri atas tiga komponen dasar, yaitu panel sensor layar sentuh atau lapisan luar, pengontrol layar sentuh yang melakukan pemrosesan sinyal, dan driver perangkat halus yang menerjemahkan data menjadi gerakan, seperti layaknya tetikus (mouse).

Agar awet dan semakin nyaman dalam mengoperasikannya, touchscreen perlu dirawat. Berikut beberapa cara merawat layar sentuh baik ponsel atau tablet.

Untuk menjaga keawetan, dianjurkan layar dilapisi screen protector, atau plastik anti-gores. Jauhkan handphone dari medan magnit seperti televisi, radio, dan barang lain yang mengandung magnit.

Saat mengoperasikan, gunakan telunjuk untuk menekan layar. Menekan layar tak boleh terlalu kencang, cukup sewajarnya. Jangan menggunakan kuku untuk menyentuhnya agar tidak melukai layar. Hindarkan layar dari pancaran sinar matahari langsung, karena LCD-nya itu bersifat liquid. Jadi kalau terlalu lama terkena matahari akan memengaruhi kualitas LCD.

Hindarkan dari tempat sempit dan menekan, seperti saku celana, karena layar bisa rusak bila terlalu sering tertekan. Ada baiknya gunakan chasing atau tempat ponsel yang pas dan tidak kendor atau kekecilan.

Bersihkan layar dengan benda lembut. Jangan membersihkan menggunakan tisu berbahan kertas, karena akan meninggalkan partikel kotoran, seperti debu. Bahkan bisa menimbulkan goresan pada layar. Lebih baik memakai kain yang sama untuk membersihkan kacamata.

Akan lebih baik, membersihkan memakai lap berbahan mikro fiber. Bahan ini dinilai ideal, karena bisa mengangkat debu dengan usapan ringan. Bisa digunakan dalam kondisi basah dan kering.

Jangan sampai membersihkan layar menggunakan pembersih kaca untuk alat rumah tangga. Sebab, pada pembersih kaca untuk cermin, misalnya, memiliki unsur kimia sehingga rentan pada layar sentuh, terutama layar berbahan capacitive.

Meski ponsel atau tablet tersebut terendam air, jangan mengeringkannya dengan hair dryer (pengering rambut). Karena, panas yang dihasilkan alat ini berpotensi merusak material pada layar.

Sumber: Koran Suara Merdeka, Senin, 30 April 2012, hal. 18.

Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

1 komentar:

  1. Makasih Tips merawat handphone touchscreen agar tetap Awetnya.. HP memang perlu perawatan..

    BalasHapus