mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Rabu, 19 Desember 2012

[Kauniyah] Rahasia Manuver Cepat Lalat


Otak lalat ternyata memiliki sistem yang cepat untuk mengantisipasi bahaya yang datang, termasuk bahaya tepukan yang berujung kematian sang lalat.

Menghindari tepukan bagi lalat bukanlah hal yang sulit. Saat dirinya merasa terancam maka saat itu pula otak sang lalat merespon dengan melakukan manuver yang super cepat.

Bahkan manuver tersebut dilakukan sang lalat dengan melakukan gerakan ke arah yang berlawanan. Hal ini dipercaya sebagai langkah yang sangat penting untuk menghindari ancaman dari tepukan manusia.

"Gerakan-gerakan ini dilakukan dengan sangat cepat dan akurat. Sebelumnya, sang lalat harus merespon sinyal bahaya yang dirasakannya hanya dalam waktu 200 milisecond, termasuk membentuk posisi ancang-ancang dengan mempersiapkan kaki dan sayapnya, untuk melakukan manuver penyelamatan," ujar ilmuwan dari Institut Teknologi California Michael Dickinson, seperti dikutip melalui Reuters, Sabtu (30/8/2008).

Menurut Dickinson, manuver ini menunjukkan betapa otak seekor lalat mampu memproses informasi yang berasal dari sensor menjadi sebuah respon gerakan yang cukup hebat.

Tim peneliti asuhan Dickinson ini telah cukup lama mempelajari gerak seekor serangga hanya dengan menggunakan sebuah kamera perekam video dan sebuah alat tepuk lalat.

"Temuan ini memberikan solusi juga kepada kita untuk tidak menepuk lalat saat ia sedang melakukan manuver untuk terbang," ujar Dickinson yang saat ini tercatat sebagai ilmuwan biologi yang mendedikasikan hidupnya selama bertahun-tahun untuk meneliti kehidupan lalat. Bahkan Dickinson telah berhasil membuat sebuah robot kecil yang memiliki kemampuan terbang bernama Robofly, dan sebuah simulator terbang visual tiga dimensi yang diberi nama Fly-O-Vision.

Sumber: Okezone.com

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar