mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Kamis, 28 Maret 2013

[salahkata] Yang Betul Nol atau Kosong Yaa?


Iya deh selama ini kita memang lebih suka bilang kosong ketimbang nol untuk menyebut bilangan 0. Aslinya sih, 0 itu dibaca nol, cuma kita udah kadung enak aja gitu melafalkannya. Ya gimana lagi.

Contoh nih. Komentator sepakbola pasti lebih mantap kalo bilang kosong-kosong untuk mengilustrasikan skor pertandingan yang belum terjadi gol. Terus, kita juga lebih asik ngapalin nomer hape dengan mengawalinya kosong delapan satu dst. Iyalah emang enak nyebutnya kok ketimbang melafalkan nol-nol ataupun nol delapan satu dst.

Tapi nggak ada salahnya juga kan ya kalo kita sebagai generasi mudanya tahu mana yang bener dan mana juga yang keliru. Naa, biar tahu definisi nol dan kosong maka kita harus buka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Jadi, kalo kata KBBI, NOL itu artinya bilangan yang dilambangkan dengan 0. Sedang KOSONG, artinya tidak berisi. Yah walaupun secara makna kita tahu keduanya nyaris serupa, namun tentu lebih tepat kalo kita menyebut angka 0 dengan nol, bukan kosong. Ringkasnya, nol itu adalah sebuah bilangan sedang kosong itu merupakan kata sifat yang menunjukkan tidak ada isinya. Ngerti kan ya??

Naa, karena sekarang udah tahu mana yang bener dan mana yang keliru, mulai sekarang yuk kita biasakan ngucap yang bener!

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar