Senin, 22 Juni 2015

5 Replika Masjid Unik Terbuat dari Makanan


Datangnya bulan Ramadhan yang selalu dinanti-nanti kaum muslimin turut pula disemarakkan oleh pihak hotel di tanah air. Mereka berlomba membuat sesuatu yang bernafaskan islami untuk dipajang di lobi hotel agar menarik perhatian para pengunjung. Nah, yang biasa dibuat pihak hotel adalah replika atau miniatur masjid dari bahan makanan.

Dan inilah lima replika masjid terunik terbuat dari makanan.

1. Replika Masjid dari Kerak Nasi


Replika masjid yang dipajang di lobi Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo ini terlihat unik dan berbeda dari lainnya. Replika itu berbahan utama intip atau kerak nasi dengan ditambahkan ornamen kurma, coklat, dan kismis. Untuk membuat miniatur masjid setinggi 1 meter dan lebar 75 cm ini membutuhkan 15 kg intip, 5 kg kurma dan 3 kg kismis. Agar miniatur itu bisa berdiri tegak, bahan-bahan tersebut direkatkan dengan mentega. (sumber)

2. Replika Masjid dari Onde-Onde


Jajan pasar onde-onde ternyata bisa juga disusun menjadi miniatur masjid yang cantik. Seperti yang dipajang di lobi Hotel Sunan Solo, miniatur yang mirip Taj Mahal berdiameter 150 cm dan tinggi 110 cm ini dibangun dari tiga ribu butir onde-onde berwarna-warni. Kue berwijen ini disusun menggunakan lem berbahan coklat putih dan membutuhkan waktu satu minggu untuk pengerjaannya. (sumber)

3. Replika Masjid dari Roti


Replika masjid dari roti yang dipajang di lobi Hotel Santika Mataram, NTB ini mengambil model masjid kuno yaitu masjid Bayan Beleq yang telah berusia 200 tahun yang ada di desa Bayan kabupaten Lombok Utara.

Replika masjid berdiameter panjang 2,3 meter, lebar 70 cm dan tinggi 140 cm itu dibuat dengan tepung, susu cair segar, coklat, jahe, kayu manis, dan madu selama satu bulan oleh 10 orang. (sumber)

4. Replika Masjid dari Korma


Replika masjid unik selanjutnya berbahan dasar buah korma. Replika ini dipajang di lobi The Sunan Hotel Solo untuk menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadhan. Proses pengerjaannya berlangsung hampir tiga minggu. Dengan diameter 180 cm dan tinggi 130 cm, replika ini menghabiskan sebanyak 18.000 butir lebih korma berjenis Sweet Palm Nabawi yang disusun rapi menggunakan lem berbahan tepung pati kanji china dan sari korma. (sumber)

5. Replika Masjid dari Coklat


Replika masjid dari coklat ini dipajang di lobi Hotel Sunan Solo pada Ramadhan 2011 lalu. Empat kilogram coklat dibutuhkan untuk membuat replika dengan tinggi 1,2 meter ini. Replika masjid yang dikerjakan selama satu minggu ini pun menyebarkan harum aroma coklat kepada orang-orang yang melintas di dekatnya. (sumber)

Wah wah wah...!! Unik sekaligus mengagumkan ya. Namun apakah kamu mau untuk mencicipinya? Tentunya kita tahu kan kue-kue di atas mengandung bahan pengawet, apalagi ditempatkan di udara terbuka, tentu tak ada yang menjamin kesehatannya. Ya, dibalik keindahannya ada kemubadziran!


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar