mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Senin, 01 Juni 2015

Unik dan Futuristik! Masjid ini Mirip Kapal Luar Angkasa


Anda yang penggemar kisah-kisah sci-fi pasti takjub bila mengunjungi masjid ini. Siapa sangka bangunan megah berarsitektur futuristik menyerupai kapal luar angkasa ini ternyata adalah rumah ibadah. Ya, bangunan unik ini merupakan bagian dari Fakultas Pendidikan Islam Qatar yang berlokasi di Qatar's Education City.


Dua menara condong setinggi 90 m melengkapi masjid ini mengarah ke Makkah sebagai kiblat kaum muslimin.


Ruangan masjid banyak dihiasi kaligrafi yang dipadu dengan seni geometris yang indah.


Masjid ini disangga oleh lima pilar yang melambangkan rukun Islam yang lima. Terdapat pula di bawahnya empat aliran sungai yang merepresentasikan sungai-sungai di surga, yaitu khamr, susu, madu, dan air.


Masjid berkapasitas 1800 jamaah ini memiliki tempat peribadahan terpisah antara kaum pria dan wanitanya. Kaum pria menempati lantai bawah, sedangkan wanita di atas. Seperti masjid lainnya, ayat-ayat Qur'an juga menghiasi langit-langit dan mihrab masjid ini.


Uniknya, di bagian atap terdapat lubang-lubang berbentuk segitiga dengan berbagai ukuran yang berfungsi sebagai pencahayaan alami. Di sini, anda seakan diajak beribadah di bawah taburan bintang-bintang.


Pada arah kiblat terdapat ceruk bernuansa emas sebagai mihrab dengan tulisan ayat Al Qur'an yang berbunyi:

"Maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah wajahmu ke arahnya." (Al Baqarah: 144)


Hmm, sangat menakjubkan! Apakah anda berminat berkunjung ke masjid ini?

Sumber: Ilmfeed.com


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar