mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Selasa, 21 Februari 2012

Subhanallah.. Fenomena Alam Menakjubkan: LAUT TERBELAH.. (Korea Selatan)

laut terbelah


Anda mungkin masih ingat dengan mukjizat spektakuler dalam kisah Nabi Musa yang berhasil membelah lautan sebagaimana yang tertulis dalam kitab suci. Peristiwa langka ini kini juga dapat dilihat di Jindo, Korea Selatan, yang berlangsung selama beberapa kali setahun. Perirtiwa "laut terbelah" yang dinamai "Moses Miracle" ini merupakan sebuah fenomena alam yang paling mengagumkan di negeri ginseng. Sebanyak dua kali dalam setahun, air laut akan surut sehingga membuka suatu alur daratan sepanjang 2,8 kilometer dengan lebar 40 meter yang menghubungkan Pulau Jindo dan Pulau Modo selama beberapa jam.

Fenomena Alam Laut Terbelah


Fenomena itu baru dikenal oleh dunia ketika Pierre Randi, seorang duta besar asal Perancis untuk Korea Selatan, mengunjungi negara tersebut pada tahun 1975 dan menulis tentang hal itu di sebuah koran Perancis. Seperti dilansir dari laman asiarooms.com, fenomena laut terbelah ini terjadi ketika sebuah hamparan tanah dengan panjang 2,8 kilometer dan lebar 40 meter membuka akibat surutnya air laut pada waktu-waktu tertentu.

Fenomena Alam Laut Terbelah


Ketika fenomena itu terjadi, tempat itu biasanya akan banyak dikunjungi oleh orang-orang dalam jumlah besar. Sebuah festival khusus pun diadakan untuk memperingati kejadian alam yang merupakan fenomena unik di Korea Selatan tersebut. Festival yang diberi nama Festival Pesta Laut Jindo itu biasanya diselenggarakan tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Mei dan Juli. Namun, seiring dengan meningkatnya arus wisatawan, festival juga sering diadakan pada bulan April.

Sumber: Super Dahsyat Kejadian-Kejadian Menakjubkan, penulis: Avivah V. Ufah, penerbit: Diva Press, hal. 85-86.

Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

1 komentar: