mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Selasa, 22 Mei 2012

Bisakah Manusia Melihat Jin?

angker


Oleh: Ust. Abu Muawiyah

Asy-Syaikh Muqbil rahimahullahu ta'ala ditanya dengan konteks pertanyaan sebagai berikut:
Apakah ada manusia yang bisa melihat jin, sebagaimana yang disangka oleh sebagian orang?

Beliau rahimahullahu menjawab:

Permasalahan jin adalah permasalahan yang cukup luas kalau kita mau berbicara tentangnya. Orang-orang tua dahulu, mereka mempunyai banyak cerita banyak kisah tentang jin ini, tapi diantaranya ada yang benar dan diantaranya ada yang tidak benar. Akan tetapi, kami di sini berbicara berdasarkan firman Allah 'Azza wa Jalla dan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa'ala aalihi wassalam. Allah berfirman:

Yang artinya: "Dan ingatlah ketika Kami mengarahkan kepadamu (wahai Muhammad) sekelompok jin, yang mana mereka mendengarkan Al Qur'an. Tatkala mereka telah hadir di situ, mereka berkata: 'Diamlah kalian! Dengarkan Al Qur'an.' Dan tatkala Al Qur'an sudah selesai dibacakan, mereka pulang kembali ke kaum mereka untuk memberikan peringatan."

Maka lahiriah ayat ini menunjukkan, bahwa bisa saja jin itu dilihat oleh manusia bukan dalam bentuk rupa asli mereka yang mereka diciptakan di atasnya. Adapun firman Allah Subhanallahu wa Ta'ala:

"Sesungguhnya iblis, dia melihat kalian, dia beserta qabilahnya (pasukannya) melihat kalian wahai manusia, dari arah yang kalian tidak bisa melihat mereka."

Maka dalam ayat ini tidak terdapat penafian bahwa manusia bisa melihat jin. Akan tetapi ayat ini hanya menjelaskan bahwa jin-jin ini mampu untuk melihat manusia, sementara manusia tidak bisa melihat mereka. Wallahu a'lam.

Demikian jawaban dari Syaikh Muqbil rahimahullahu ta'ala dalam Ijabatus Sail, soal no. 178.

NB: Afwan, karena keterbatasan pada kami, maka font Arab tidak bisa kami sertakan.

[Ditranskip dari file audio Apakah Ada Manusia yang Bisa Melihat Jin? dari www.taklimonline.com]

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar