Rabu, 27 Juni 2012

Berkebun Dalam Pot, Mengapa Tidak?

sayuran pot


Oleh: Florentina Lenny Kristiani

Mempunyai lahan terbatas, bukan berarti kita tidak bisa berkebun. Kita bisa kok, menggunakan pot atau kaleng bekas untuk bertanam. Selain membuat pekarangan jadi asri, Anda bisa banyak berhemat.

Berkebun menggunakan pot sangat mudah. Rumah pun bisa menjadi hijau dan sejuk dengan sedikit kreativitas Anda. Buatlah rak-rak cantik untuk menyusun pot-pot sayur agar tampak rapi. Dan yang pasti, keluarga dapat menikmati sayuran segar dan sehat setiap saat dari kebun sendiri.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memilih jenis sayuran yang cocok dengan kondisi rumah. Jika rumah Anda cukup terkena sinar matahari, berarti termasuk kondisi panas. Nah.. untuk kondisi panas seperti ini pilih sayuran seperti selada, seledri, daun bawang, bayam, kacang, terong, kapri, paprika, kecipir, ketimun, tomat, cabai merah, atau cabai rawit. Sebaliknya untuk kondisi dingin dapat ditanam wortel atau kubis.

Selanjutnya adalah pemilihan benih. Sebagai contoh ingin menanam cabai atau tomat dalam pot. Belilah benih dari toko-toko pertanian atau toko serba ada yang menjual benih-benih unggul yang biasanya dikemas dalam sachet. Jangan lupa periksa tanggal kadaluarsanya. Anda juga bisa menggunakan benih sendiri yang diambil dari buah yang sudah matang. Caranya: keluarkan bijinya lalu angin-anginkan hingga kering. Kalau menanam daun bawang dan seledri, gunakan akar pohon yang ada, cuci bersih lalu rendam dalam air selama semalam.

Siapkan polybag hitam yang berisi tanah subur, pasir, dan pupuk organik. Sehari sebelum digunakan, siram polybag hingga basah. Setelah siap semailah benih-benih tersebut. Tutup benih dengan tanah subur tipis-tipis saja. Setelah tiga minggu, biasanya benih-benih sudah keluar daunnya, lalu pindahkan ke dalam pot berisi kompos, pasir, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Jangan lupa tambahkan pupuk untuk daun dan buah. Untuk daun bawang atau seledri, tanam akarnya di poly bag biarkan batang yang tersisa menyembul keluar.

Penyiraman cukup dilakukan sekali sehari, bisa pagi atau sore. Namun jika musim kemarau penyiraman boleh dilakukan pagi dan sore. Setelah berumur 3 bulan akan berbunga dan berbuah. Tanaman ini bisa bertahan sampai satu tahun, sehingga anda dapat memanennya beberapa kali. Jika berhasil, Anda tidak perlu lagi repot belanja ke pasar karena sudah tersedia di pot Anda.

Bagaimana mudah bukan? Anda bisa menanam sayuran lain untuk memperkaya ”taman dapur” Anda. Rumah sejuk, kantong pun hemat. Selamat mencoba dan selamat memanen.

Sumber: KLUB NOVA

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar