Sabtu, 22 September 2012

Aneka Tips Rumah Tangga Bermanfaat

tips bermanfaat


Ada banyak macam noda di rumah yang mungkin amat mengganggu kenyamanan kita tinggal di dalamnya. Sisa stiker di kaca jendela, jamur di lemari, lelehan lilin di meja ataupun noda cat yang bertebaran di lantai ialah di antaranya. Berikut adalah beberapa tips praktis yang mungkin bermanfaat dan bisa dicoba.

1. Melepaskan Stiker pada Kaca

Anak-anak sering menempelkan stiker favorit mereka pada kaca jendela atau kaca meja. Cukup sulit melepasnya. Kalaupun dilepas, kadang-kadang ada sisa stiker yang masih menempel di permukaan kaca dan sulit dibersihkan.

Untuk mengatasinya, gunakan pengering rambut (hair dryer) ketika melepas stiker. Jika masih ada lem menempel, gunakan minyak kayu putih dan gosoklah dengan material pipih yang tidak tajam seperti penggaris plastik.

2. Menghilangkan Noda Kopi di Gelas

Kopi kadang-kadang meninggalkan noda atau warna pekat pada dasar gelas yang sulit dihilangkan. Ada cara praktis dan murah agar gelas tampak bersih kembali. Caranya: taburkan soda kue di sekitar noda lalu gosok dengan spons. Setelah itu, cuci dengan cairan pencuci piring dan bilas hingga bersih.

3. Mengatasi Jamur pada Particle Board

Lemari dari bahan papan partikel (particle board) mudah sekali berjamur pada musim penghujan. Hal ini mengakibatkan bau yang tidak sedap pada isi lemari. Cara mengatasinya mudah. Ambil lap kering lalu olesi dengan alkohol secukupnya. Usapkan lap tadi ke permukaan jamur secara merata dan diamkan beberapa saat agar benar-benar kering. Setelah jamur bersih, letakkan kapur barus di setiap sudut lemari.

4. Menghilangkan Lemak pada Baju dan Taplak

Seringkali saat makan, tiba-tiba taplak meja kesayangan Anda terkena noda berlemak. Jangan panik! Walaupun agak sulit menghilangkan lemak itu, Anda bisa mencoba trik berikut ini.

Saat taplak Anda terkena lemak/minyak, segera taburi dengan bedak (terutama bedak bayi). Bedak akan menyerap lemak seketika. Ulangi beberapa kali agar lemak benar-benar terserap. Setelah itu kain bisa dicuci/dibilas dengan air sabun seperti biasa.

5. Cara Mudah Lenyapkan Noda Cat

Sehabis mengecat plafon, kusen atau dinding, sulit menghindari jatuhnya beberapa tetes cat. Bila lupa dibersihkan, nodanya akan mengeras dan sulit dihilangkan. Lebih sulit bila cat yang digunakan berbasis minyak, atau lantainya bertekstur. Jika dikerik menggunakan silet, bisa-bisa lantai kesayangan Anda rusak.

Nah, ada solusi mudah dan cepat untuk mengatasinya. Sediakan cairan M3 (larutan kimia untuk sablon, bisa diperoleh di toko perlengkapan sablon/percetakan). Tetesi secukupnya pada kain bersih dan lap pada area yang terkena noda. Diamkan sejenak agar cairan M3 bekerja menghancurkan noda, lalu gosok lantai dengan kuat sampai noda terkikis habis. Lap sekali lagi dengan kain bersih.

6. Menghilangkan Noda Lelehan Lilin

Lelehan lilin yang sulit dilepas dari kain atau karpet bisa dilepaskan dengan cara tempelkan kertas atau kain di tempat yang akan dibersihkan. Tekankan besi panas (atau strika) di atasnya hingga lilin kembali mencair dan terserap. Ini bisa juga dilakukan untuk menghilangkan lelehan lilin di meja.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Kompas.com (dengan penambahan oleh admin pada poin 6)

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar