Rabu, 26 September 2012

Berpakaian Bagus Berarti Tidak Zuhud?

zuhud


Tanya: Apakah berhias/berpenampilan bagus, mengenakan pakaian yang mahal, dan memakai berbagai minyak wangi yang mahal bertentangang dengan sikap zuhud?

Jawab:

"Seseorang hendaknya bersikap pertengahan. Jika Allah Subhanallahu wa Ta'ala memberikan kenikmatan kepadanya, ia bersikap pertengahan. Ia tidak berlebih-lebihan dalam hal pakaian, minyak wangi, dan kendaraan. Namun di sisi lain, dia tidak berpenampilan seperti fuqara sehingga ia menentang/menyembunyikan nikmat Allah Subhanallahu wa Ta'ala pada dirinya. Hendaknya seseorang bersikap pertengahan dalam urusannya. Sebaik-baik urusan adalah yang tengah-tengah, antara sifat kikir dan tabdzir/boros. Allah Subhanallahu wa Ta'ala berfirman:

"Dan orang-orang yang jika mereka membelanjakan hartanya, mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir, dan adalah pembelanjaan itu di tengah-tengah antara yang demikian." (al-Furqan: 67)

Yakni, pertengahan antara sifat kikir dan israf/boros." (Fatwa Fadhilatusy Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah, diambil dari situs beliau)

Sumber: Majalah Asy-Syariah no. 73/VII/1432 H/2011, hal. 102-103.

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar