Selasa, 18 September 2012

Menguak Fenomena Sungai yang Berlubang

lubang di tengah sungai


Di permukaan sebuah sungai yang tenang muncul sebuah lubang besar menyedot air masuk ke dalamnya. Siapa yang melihatnya pasti akan takjub keheranan. Fenomena apakah ini? Apakah dasar sungai mendadak amblas? Nah, sebelum menguak misteri ini berikut gambar-gambar serupa lainnya.

spillway1


spillway2


spillway


spillway4


spillway5


Sebenarnya lubang besar yang muncul di tengah kali tersebut bukanlah sesuatu yang aneh atau janggal. Lubang tadi dinamakan spillway dan ini umum di luar negeri. Spillway adalah sebuah lubang besar di bendungan yang berfungsi mengatur debit air dengan melepaskan air dari bendungan ke daerah hilir. Hal ini biasanya dilakukan pada saat terjadi banjir, sehingga ketinggian air terkendali dan tidak melebihi batas yang telah ditetapkan yang bisa menghancurkan bendungan.

Namun pada kondisi normal (tidak banjir), alat ini pun tidak dipergunakan karena untuk mengatur keluarnya air cukup melalui pintu bendungan, yang biasanya kemudian dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik, suplai air dan sebagainya.

ketika surut


Ada dua jenis spillway, terkendali dan tidak terkendali.

1. Spillway Terkendali
Spillway yang terkendali memiliki struktur mekanik atau gerbang untuk mengatur laju aliran air. Desain ini memungkinkan untuk mengatur ketinggian bendungan yang akan digunakan untuk penyimpanan air sepanjang tahun, namun pada saat banjir bisa dikeluarkan dengan membuka satu atau lebih spillways.

2. Spillway Tidak Terkendali
Spillway yang tidak terkendali, tidak memiliki pintu, ketika air naik di atas bibir atau puncak katup, secara langsung air akan dikeluarkan dari reservoir (bendungan). Laju debit dikendalikan hanya dengan kedalaman air dalam reservoir. Semua volume penyimpanan dalam reservoir di atas puncak Spillway hanya dapat digunakan untuk penyimpanan sementara air banjir, dan tidak dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan air bersih karena biasanya kosong.

Beginilah cara kerja spillway:

cara kerja spill way


Setelah mengetahui cara kerja teknologi pengendali banjir dam ini, masihkah anda menganggapnya sebagai fenomena misteri?

(dari berbagai sumber)

Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

1 komentar:

  1. Aya-aya wae akalna mah urang luar negri mah Wkwkwk :-D .

    BalasHapus