Jumat, 18 April 2014

Batu-Batu Menakjubkan yang Ada di Penjuru Dunia


Kita bisa menemukan beragam ukuran dan bentuk bebatuan di sekitar tempat tinggal, bahkan salah satunya mungkin terlihat aneh atau unik. Namun, bebatuan di bawah ini sungguh istimewa karena tidak sembarang tempat memilikinya. Apa saja?

1. Giant Stone Balls


Pada tahun 1930, di Kosta Rika ditemukan obyek bebatuan menakjubkan. Puluhan batu berbentuk bola dengan beragam ukuran bertebaran di area yang akan dijadikan perkebunan pisang. Menakjubkannya, beberapa batu terlihat nyaris bulat sempurna. Ukuran mereka bervariasi dari yang kecil seukuran bola tenis sampai yang berdiameter 8 kaki (2,4 m) dengan bobot 16 ton!

Meskipun batu-batu itu diyakini buatan manusia, namun para ahli masih bingung menentukan siapa pembuat dan apa tujuan dibuatnya batu-batu tersebut? Yang lebih mengherankan, bagaimana mereka bisa mencapai presisi lingkaran bola tersebut (bulat sempurna)?

2. Batu Berjalan di California


Hingga sekarang para ahli masih menduga-duga bagaimana batu-batu ini berjalan dengan meninggalkan jejak panjang di belakangnya. Sebagian ahli menduga mereka bergerak didorong oleh angin, yang lain berasumsi bahwa mereka bergerak karena adanya lapisan es yang menyelimuti kawasan tersebut. Yang jelas kemisteriusan batu-batu yang mendiami danau kering Racetrack Playa di Death Valley National Park, California, AS ini telah berhasil mengundang wisatawan berbondong-bondong menyaksikannya.

3. Trovants, Batu yang Tumbuh


Batu trovants bisa dijumpai di sebuah desa kecil bernama Contesti, Rumania. Batu ini sungguh unik, bila terkena hujan akan tumbuh membesar bahkan bisa berpindah sendiri tanpa bantuan manusia. Ukuran batu ini adalah 6-8 milimeter dan akan membesar mencapai 6 hingga 10 meter!

Batu trovants merupakan fenomena geologi menakjubkan yang dihasilkan oleh aktifitas seismik. Batu ini terdiri dari inti batu dengan kulit luar berupa pasir. Para ilmuwan menjelaskan bahwa pada bagian bawah batu terdapat kandungan unsur mineral yang tinggi. Saat terjadi hujan deras dan permukaan batu basah maka mineral akan menyebar dan menekan pasir untuk membesar.

4. Batu Menggantung

Beberapa batu besar di dunia ternyata memiliki keseimbangan yang begitu sempurna, beberapa di antaranya adalah:


Idol Rock adalah batu karang setinggi 4,5 m dengan berat 200 ton yang bertumpu pada sebuah batu kecil di bawahnya. Menakjubkan bukan? Bagaimana bisa batu kecil itu mampu menopang batu yang ukurannya jauh lebih besar dengan keseimbangan sempurna. Batu unik ini terdapat di daerah Brimham Moor, North York Shire, Inggris.



Balancing Rock Digby. Batu karang ini tingginya sekitar 30 meter dan berada di Nova Scatia, Kanada. Batu ini memiliki keseimbangan yang menakjubkan, hampir separuh bagiannya berdiri di atas udara. Wow!



Hanging Rock merupakan blok batuan besar dari batuan granit-syenite berbobot 10 ton dengan volume 30 m kubik yang terletak di atas salah satu puncak pegunungan Ergaki, Central Siberia, Rusia. Batu ini menjadi menarik karena berada di tepi tebing dan seolah-olah hendak jatuh ke bawah.


5. Batu Berbentuk Piring Terbang


Lusinan batu menyerupai pesawat piring terbang ditemukan di lokasi pertambangan batubara wilayah Shangrao, provinsi Jiangxi, China pada 27 Mei 2007. Diperkirakan batu-batu aneh ini sudah terbentuk 300 juta tahun lalu pada masa sekitar akhir Paleozic Carboniferus dan masa awal Permian. Ukurannya bermacam-macam, ada yang berdiameter lebih dari 4,9 m dengan ketebalan antara 7,9 inch sampai 23,6 inch. Sedangkan berat batu tersebut diperkirakan 1 ton.

Batu-batu tersebut memiliki tekstur yang sangat keras dan berbeda dengan batu-batu lainnya di tempat itu. Uniknya, batu-batu tadi berjajar horizontal dengan jarak masing-masing 1,6 kaki. Ternyata tidak hanya di Jiangxi, batu-batu serupa juga ditemukan di dekat proyek bendungan Shibuya di Sichuan. Berat masing-masing batu UFO di kawasan tersebut 44 pon.

6. Batu Karang Berisi Pantai



Pulau Marieta yang berada di lepas pantai Puerto Vallarta, Meksiko, memiliki batu karang raksasa. Uniknya, bagian tengah batu karang itu berlubang seperti donat dan menakjubkannya terdapat pantai cantik berpasir putih di dalamnya! Orang setempat menamainya pantai Playa del Amor. Fenomena ini terbentuk akibat aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Kini, keberadaan batu karang dengan pantainya yang unik itu menjadi populer di kalangan traveler dunia.

7. Wave Rock


Formasi batu karang selanjutnya adalah Wave Rock. Batuan menyerupai gelombang ombak besar ini diyakini oleh para peneliti sudah ada sejak 2700 juta tahun yang lalu. Batuan menakjubkan sepanjang sekitar 110 meter dengan ketinggian 15 meter ini terletak di kota kecil Hyden, 393 km di sebelah timur kota Perth, Australia Barat di Shire Kondinin. Anda bisa membayangkan gelombang yang membumbung tinggi itu hendak menghempas anda!

8. Batu Malin Kundang


Indonesia pun memiliki batu aneh yang membuat kita pasti terheran. Bagaimana tidak bentuk batu ini menyerupai sosok laki-laki yang tengah bersujud. Konon batu ini adalah penjelmaan dari Malin Kundang, si anak durhaka. Legenda Malin Kundang begitu tersohor di negeri ini, dan batu yang berada di Pantai Air Manis kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat ini seolah-olah mentahbiskan bahwa cerita itu benar-benar ada. Allahu a'lam.

9. Batu Terbang di Palestina


Kisah batu terbang atau melayang di tanah Palestina sempat membuat heboh internet beberapa waktu lalu. Konon, batu ini adalah tempat berpijak Rasulullah tatkala beliau hendak mi'raj ke langit. Saat beliau dibawa ke langit batu ini hendak mengikuti, namun Rasulullah menyuruhnya diam dan akhirnya batu besar itu pun terhenti melayang di udara. Namun kebenaran cerita ini ternyata palsu, hanya pengiring rekayasa photoshop belaka. Karena sebetulnya batu itu tidak melayang melainkan ada batu-batu kecil yang menyangga di bawahnya. Bagaimanapun, keberadaan batu ini tetap menarik karena meletakkan batu kecil sebagai penyangga batu sebesar itu bukanlah perkara mudah.

Beginilah aslinya.


[Dari berbagai sumber di internet]


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar