mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Minggu, 13 Mei 2012

Untuk Siapakah Pahala Anak Kecil?

bunga kecil


Pertanyaan: Apakah berbagai amal yang dilakukan anak yang belum baligh, seperti sholat, haji, membaca Al-Qur’an, semuanya diperuntukkan bagi kedua orang tuanya atau dihitung bagi anak itu sendiri?

Jawaban:

Amal sholih anak-anak yang belum baligh pahalanya adalah untuk dirinya sendiri, bukan untuk orangtuanya atau orang lain. Akan tetapi orang tuanya diberi pahala karena mengajarkan (amal sholih) kepadanya, juga karena mengarahkan dan membantunya kepada kebaikan. Hal tersebut berdasarkan hadits shohih riwayat Muslim dari Ibnu Abbas radhiyallohu ‘anhu,

“Bahwasanya ada seorang perempuan mengangkat seorang anak kecil kepada Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam pada waktu haji wada’, lalu ia bertanya, “Wahai Rosulullah, apakah dia memperoleh (pahala) haji?” Beliau menjawab, “Ya, dan bagimu (juga) pahala.”

Nabi mengabarkan bahwa haji tersebut (pahalanya) adalah untuk si anak. Sedangkan ibunya juga mendapatkan pahala karena haji anaknya.

Demikian pula selain orangtua akan mendapatkan pahala atas perbuatan baik seorang anak. Seperti orang yang mengajarkan kebaikan kepada anak-anak yatim yang diasuhnya, kerabat dekat, pembantu dan lainnya. Karena Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim)

Sebab hal demikian itu termasuk tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa, dan Alloh memberi pahala atas yang demikian. [Syaikh Bin Baz, Fatawa Islamiyah, 4/526]

Sumber: http://ummfulanah.wordpress.com/2009/07/29/untuk-siapakah-pahala-anak-kecil/

Baca juga:

1 komentar: