mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Minggu, 24 Juni 2012

Ketemu Hewan Buas? Ini Siasat untuk Kabur!

hutan liar


Saat berwisata terutama ke alam liar, sangat mungkin dalam perjalanan Anda akan bertemu hewan buas. Hewan ini tentunya tidak akan menyerang, bila tidak terprovokasi. Perlu diketahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan bila bertemu hewan liar di tempat wisata. Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari LonelyPlanet:

Saat berada dalam grup wisata

Bila berada dalam grup wisata yang memiliki pemandu, biasanya Anda tidak perlu terlalu khawatir saat bertemu hewan liar yang cukup buas. Pemandu tahu apa yang harus dilakukan karena dia sering menghadapi kejadian semacam itu. Selalu turuti petunjuk dari pemandu, dan jangan pernah terpisah dari kelompok.

Saat menyetir mobil

Bila sedang menyetir mobil dan tiba-tiba di depan Anda terdapat hewan buas, yang paling penting untuk diingat adalah jangan pernah mencoba untuk keluar dari mobil atau bahkan membuka kaca jendela, meskipun hanya sedikit. Tetap tenang di dalam mobil, dan beritahu pihak berwenang setempat melalui telefon bila hewan tersebut tak juga pergi.

Trekking di tengah hutan

Sebelum memulai trekking ke dalam hutan yang lebat, ketahui dulu hewan apa yang mungkin akan Anda temui di dalamnya dengan menanyakan pada penjaga hutan. Simpan semua makanan Anda di tas, dan jangan biarkan berceceran karena dapat memancing datangnya hewan liar.

Penting juga untuk diketahui apa yang pertama harus dilakukan saat hewan liar menyerang, misalnya dengan berpura-pura mati saat bertemu beruang, diam tenang di tempat bila bertemu macan, dan memanjat pohon bila dikejar babi hutan atau badak.

Secara umum, Anda harus juga harus berhati-hati dengan bayi hewan liar yang tampak mungil dan lucu. Jangan mendekatinya karena biasanya sang induk ganas mengintai dari balik pepohonan.

Tidak hanya hewan besar saja yang harus diwaspadai, namun juga hewan-hewan kecil, seperti lintah, kodok beracun, dan laba-laba. Selalu bawa semprotan anti serangga dan obat anti malaria saat berwisata ke hutan atau tempat yang lembab.

Sumber: Okezone.com

Baca juga:

2 komentar: