mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Senin, 02 Juli 2012

Akibat Mencari Ridha Allah Bukan Ridha Manusia

yaman


...Ini adalah cerita dari Al Akh Wira Bachrun Al Bankawy, seorang penuntut ilmu di Darul Hadits Syihr, Yaman...

Di tengah-tengah pelajaran kitab Syarah Aqidah Ath Thahawiyyah karya Ibnu Abil ‘Izz Al Hanafi, guru kami Abu Abdirrahman Fahd Al Adeni [1] berkisah…

Dahulu, beberapa orang thalibul ‘ilm murid Syaikh Muqbil diutus untuk berdakwah ke sebuah desa yang mayoritas penduduknya berpemahaman Syi’ah Zaidiyyah. Salah seorang dari mereka kemudian memberikan khutbah Jum’at di masjid desa tersebut. Selesai shalat Jum’at, orang-orang pun riuh membicarakan khutbah yang dibawakan oleh si thalib.

Sampai datang seorang tua kepada si thalib lalu mencelanya, “Kamu berkhutbah tidak membaca shalawat dan salam atas ahli bait, keluarga nabi!”

Lalu dengan tenang si penuntut ilmu menjawab, “Bahkan aku telah mengulang-ulangnya. Apakah engkau tidak memperhatikannya?”

Bapak tua itu terdiam bingung. Mungkin dia bimbang, kapan si khatib membaca shalawat kepada ahlul bait nabi. Jangan-jangan pas khutbah tadi dia yang ngantuk. Sebenarnya yang diinginkan oleh bapak tua yang Zaidi tadi adalah membaca shalawat khusus kepada ahli bait Nabi di mukaddimah dan juga di penutup khutbah sebagaimana yang menjadi kebiasaan orang-orang Zaidiyah. Tapi bukankah di dalam khutbah, si penuntut ilmu sudah bershalawat kepada keluarga nabi setiap kali membacakan hadits?

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam mengatakan demikian dan demikian… Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam bersabda demikian dan demikian…” Apa arti ucapan shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam? Bukankah itu maknanya semoga shalawat dan salam tercurah pada Rasulullah dan keluarga beliau?

Kemudian bapak tua tersebut berkata lagi, nampaknya dia tetap mencoba mencari-cari kesalahan si penuntut ilmu, “Kamu tadi mengimami baca al-fatihah tanpa membaca bismillah!”

Kembali si penuntut ilmu menjawab dengan tenang, “Bahkan aku telah membacanya, tapi aku membacanya dengan sirr (dipelankan) tidak dengan jahr (dikeraskan) sebagaimana hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, di mana beliau berkata,

ﺻَﻠَّﻴْﺖُ ﺧَﻠْﻒَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲ ﺻَﻠَّﻰ‎ ‎ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺃَﺑِﻲْ ﺑَﻜْﺮٍ‏‎ ‎ﻭَﻋُﻤَﺮَ ﻭَﻋُﺜْﻤَﺎﻥَ ﻓَﻜَﺎﻧُﻮْﺍ‎ ‎ﻳَﺴْﺘَﻔْﺘِﺤُﻮْﻥَ ﺑِﺎﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺭَﺏِ‏‎ ‎ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ ﻻَ ﻳَﺬْﻛُﺮُﻭْﻥَ ﺑِﺴْﻢِ‏‎ ‎ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢِ ﻓِﻲْ‏‎ ‎ﺃَﻭَّﻝِ ﻗِﺮَﺍﺀَﺓٍ ﻭَﻻَ ﻓِﻲْ ﺁﺧِﺮِﻫَﺎ

"Aku shalat di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan di belakang Abu Bakar, Umar, serta Utsman. Dulu mereka membuka shalat dengan ‘alhamdulillahi rabbil ‘alamin’ dan mereka tidaklah mengucapkan bismillahirrahmanirrahim di awal bacaan mereka, tidak pula di akhirnya." (HR. Muslim)

Bapak tua tersebut masih ngotot memaksa, “Tapi madzhabnya Imam Zaid mengatakan wajib baca basmalah, shalat itu tidak sah kalau tidak baca basmalah!”

Lalu datang muadzin masjid membela sang penuntut ilmu. Dia berkata kepada orang tua tersebut, “Wahai syaikh, engkau tidak bisa memaksa orang untuk mengikuti madzhabmu. Bukankah dia punya dalil Hadits Anas tadi?”

Akhirnya terjadilah perdebatan sengit antara sang muadzin dan bapak tua itu. Orang-orang pun berkumpul di sekitar mereka menambah riuk-pikuk perdebatan tadi. Sang penuntut ilmu kemudian keluar dari masjid untuk menjauhi keributan.

Di luar masjid, dia ditemui seorang bapak tua yang lain. Bapak tua ini menyalaminya, kemudian bertanya kepada si penuntut ilmu, “Wahai anak muda, kenapa engkau tidak tanazzul saja, mengikuti tata cara peribadahan mereka, agar kemudian mereka mendengarkan dan menerima dakwahmu?”

Si penuntut ilmu menjawab, “Wahai paman, bukankah Rasulullah pernah bersabda,

ﻣَﻦْ ﺃَﺭْﺿَﻰ ﺍﻟﻠﻪَ ﺑِﺴَﺨَﻂِ‏‎ ‎ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ، ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ‏‎ ‎ﻭَﺃَﺭْﺿَﻰ ﻋَﻨْﻪُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ، ﻭَﻣَﻦْ‏‎ ‎ﺃَﺭْﺿَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺑِﺴَﺨَﻂِ ﺍﻟﻠﻪِ،‏‎ ‎ﻋَﺎﺩَ ﺣَﺎﻣِﺪَﻩُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻟَﻪُ‏‎ ‎ﺫَﺍﻣﺎ

“Barangsiapa yang mengharap ridha Allah walaupun manusia murka kepadanya, maka Allah akan ridha kepadanya dan demikian juga manusia akan ridha kepadanya. Barangsiapa yang mengharap keridhaan manusia walaupun dengan kemurkaan Allah, maka orang yang dahulu memujinya akan berbalik mencelanya.” (Shahih, dishahihkan oleh Al Albani. Lihat Syarh Aqidah Ath Thahawiyyah hal 268, terbitan Darus Salam)

Bapak tua itu kemudian berkata kepadanya, “Benar, benar.. Sungguh benar ucapanmu.”

Si penuntut ilmu kemudian pergi. Ketika dia shalat ashar di masjid yang lain, ada beberapa orang dari desa tersebut mendatangi dia sambil membawa senapan. Senapan itu lalu diletakkan di hadapan si penuntut ilmu. Salah seorang dari mereka lalu berkata kepada si penuntut ilmu, “Wahai syaikh… (ini merupakan panggilan kehormatan bagi si penuntut ilmu, karena sebenarnya dia masih muda dan belumlah pantas dipanggil syaikh).. Wahai syaikh, sesungguhnya kabilah kami merasa sangat malu dengan apa yang terjadi tadi setelah shalat Jum’at. Kami seharusnya menghormati dirimu sebagai tamu di desa kami, tapi kami telah memperlakukanmu dengan kurang terhormat. Dan orang tua yang tadi siang mencelamu sungguh dia adalah orang yang paling buruk di antara kami. Kami tidaklah pernah melihat dia shalat Jum’at melainkan hari ini, ketika dia mendengar bahwa dirimu yang akan memberikan khutbah. Oleh karena itu, ini senjata wahai syaikh kami berikan kepadamu. Terserah engkau apa hukuman yang pantas bagi kami, karena sesungguhnya ini adalah aib yang besar bagi kami. Kami sungguh merasa malu.”

Dengan bijak si penuntut ilmu berkata, “Tidak ada sesuatu di antara kita. Apa yang sudah terjadi biarkanlah terjadi. Hanya saja biarkan saya dan teman-teman mengajarkan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di tengah-tengah kalian.”

Akhirnya para utusan kabilah tersebut menyetujui keinginan si penuntut ilmu. Mereka pun mulai mengajarkan penduduk Islam yang benar, yang sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebagaimana yang dipahami oleh salafus shalih, generasi awal Islam.

Bahkan pada malam itu juga, di masjid yang sama -karena pada waktu itu Ramadhan- ditegakkan shalat tarawih untuk yang pertama kali sejak masjid itu dibangun, karena sebelumnya madzhab Syiah Zaidiyah tidaklah menganggap shalat tarawih berjama’ah itu sebagai sesuatu yang disyariatkan. Maka sejak itu, berubahlah desa tersebut dari desa Syi’ah Zaidi menjadi desa ahlussunnah. Walillahil hamd.

Sungguh telah benar Nabi shallallahu ‘alaihi wa’ala alihi wasallam dengan sabda beliau,

“Barangsiapa yang mengharap ridha Allah walaupun manusia murka kepadanya, maka Allah akan ridha kepadanya dan demikian juga manusia akan ridha kepadanya…”

Wallahu ta’ala a’lam bisshawab.

[Ditulis di tepi Laut Arab, Madinatus Syihir - Provinsi Hadramaut Yaman pada hari Rabu tanggal 7 Sya’ban 1433 H – 27 Juni 2012]

Catatan kaki:
[1]
Abu Abdirrahman Fahd Al Adeni adalah salah seorang murid Asy Syaikh Muqbil bin Hadi. Di Darul Hadits Syihir, beliau membuka pelajaran aqidah dan fiqh. Salah satu karya beliau adalah Kitab Fathu Rabbil ‘Ibad, Syarah dan Dirasah terhadap Kitab Lum’atul I’tiqad karya Al Imam Ibnu Qudamah Al Maqdisi yang syarat dengan faidah ilmiyyah.

Sumber: http://fataaya.wordpress.com/2012/06/28/akibat-mencari-ridha-allah-bukan-ridha-manusia/ (Disalin dengan sedikit perubahan)

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar