mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Sabtu, 04 Agustus 2012

Tanaman-tanaman Penghilang Bau Badan

kecombrang


Bau badan adalah problem kesehatan yang menjadi hal yang membuat gelisah seseorang apabila harus berhubungan dengan orang lain. Hal tersebut bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri alias minder dalam melakukan aktivitas terutama apabila aktivitas kita selalu berkomunikasi dengan lain.

Maka solusi yang biasa kita lakukan adalah dengan membeli penghilang bau yang banyak tersebar di pasaran. Padahal belum tentu bahan tersebut aman untuk badan kita terutama kulit.

Dalam kesempatan ini saya akan posting info kesehatan berkaitan dengan beberapa tanaman yang dapat menghilangkan bau badan kita. Silakan simak dan semoga bermanfaat.

1. Daun Beluntas (pluchea indica)

beluntas


Di depan rumah tempat saya tinggal ada daun beluntas. Saya sering minum air perasan daun beluntas bila tekanan darah saya tinggi. Tapi tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir ini bisa juga menghilangkan bau badan. Karena daun dan bunga beluntas memiliki kandungan alkali yang berfungsi sebagai antiseptic. Daun beluntas memiliki kandungan kimia antara lain, kalsium, lemak, besi, fosfor, vitamin A dan C, dan amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin).

Aturan atau cara pakai sebagai berikut: Bisa dikonsumsi menjadi lalap mentah atau dikukus. Boleh juga minum airnya setelah direbus.

Efek samping daun Beluntas: dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

2. Daun Sirih (piper betle)

daun sirih


Tahu daun sirih? Kita tahu daun sirih sudah lama terkenal memiliki khasiat sebagai antiseptic. Daun sirih juga memiliki kandungan zat-zat aktif yang dapat "membasmi" bau badan yang penyebabnya adalah jamur dan bakteri. Di dalam daun sirih mengandung zat kimia di dalam minyak atsirinya, antara lain: zat samak, kavikol, kadinen, seneol, eugeol, dan karvakol.

Adapun aturan pakainya adalah sebagai berikut: Rendam beberapa helai daun sirih ke dalam air panas. Setelah dingin air rendaman daun sirih tersebut diminum. Bisa juga dengan cara daun sirih ditumbuk halus bersama kapur sirih dan dioleskan di ketiak yang berbau.

3. Daun kemangi (ocimum ×citriodorum)

kemangi


Daun kemangi memiliki kandungan antiseptic. Cara pakainya untuk menghilangkan bau badan adalah daun kemangi dilalap mentah. Kalau di sea food biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.

Efek samping daun kemangi dapat meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.

4. Rimpang Temulawak (curcuma xanthorrhiza)

temulawak


Rimpang Temulawak memiliki kandungan kimia antara lain: minyak atsiri, sapomin, flavioinoida. Aturan dan cara pakai adalah rebusan rimpang temulawak diminum setelah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan ke seluruh tubuh hingga mengering.

5. Bunga Kecombrang (nicolaia sp.)

kecombrang


Bunga Kecombrang (nicolaia sp.) memiliki kandungan polifenol Sapomin, dan flavoinoida. Aturan dan cara pakai: Masak daun muda dan bunganya dan makan sebagai teman lauk. Di beberapa daerah bunga Kecombrang (nicolaia sp.) dimasak sebagai sayur lodeh.

6. Jeruk Nipis (citrus aurantifolia)

jeruk nipis


Cara pakai: Air perasan jeruk nipis dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak.

7. Jeruk Purut (citrus × hystrix)

jeruk purut


Adapun cara pakai: Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya.

8. Ketimun (cucumis sativus)

ketimun


Aturan pakai: Gosokkan sari buah ketimun muda ke ketiak setiap selesai mandi.

9. Jahe (zingiber officinale)

jahe


Mayoritas orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual.

Cara pakai: diminum sebagai wedang jahe.

Demikian beberapa tanaman yang dapat menghilangkan bau badan anda. Dan tak ada salahnya bila anda pun mulai sekarang melengkapi koleksi tanaman rumah dengan tanaman-tanaman obat bermanfaat seperti ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Sumber: Infosehattt.blogspot.com

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar