mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Jumat, 10 Agustus 2012

Tips Mudik yang Perlu Banget Kamu Ketahui

mudik


Bila memasuki pertengahan hingga akhir bulan Ramadhan, kebanyakan umat muslim Indonesia disibukkan dengan kegiatan Mudik. Mudik sendiri berarti pulang ke tempat di mana seseorang berasal dan dibesarkan.

Meski telah dianggap sebagai agenda tahunan, kegiatan mudik selalu identik dengan kata repot. Repot bisa dalam hal apa saja, dari menyiapkan pakaian buat dipakai di kampung hingga mengantri tiket kendaraan yang akan ditumpangi.

Seringkali kerepotan ini membuat para pemudik justru tidak memperhatikan hal-hal kecil seperti menjaga kondisi kesehatan, jangan heran bila banyak pemudik yang menjadi sakit ketika sampai di kampung. Tidak maukan hal itu terjadi? Untuk itu, yuk simak tips-tips berikut.

Mudik dengan Kendaraaan Pribadi

1. Periksa kondisi mesin kenderaan, apakah masih layak untuk dijalankan.

2. Jika mengendarai motor, sebaiknya hanya ditumpangi dua orang dewasa, mengingat kondisi jalanan yang macet pengendara motor akan kesulitan bila beban yang ditumpanginya berat. Dan anak kecil juga kurang baik bila dibawa mudik dengan motor, karena dapat memberi efek buruk pada kesehatannya. Bila kendaraan yang digunakan adalah mobil, ada baiknya tidak diisi penuh, hal ini agar dapat memberi ruang dan tak sesak bagi yang ada di dalam mobil.

3. Jika membawa balita sebaiknya periksa keadaan tempat duduknya, pastikan nyaman untuk dia bergerak dan tidur. Meski di perjalanan, pastikan juga si balita cukup tidur dan makan. Dan jangan lupa membawa permainan simple untuk dimainkannya di dalam mobil. Taruh perlengkapan si kecil di tempat yang masih mudah untuk dijangkau.

4. Pakai pakaian yang paling bisa membuat anda nyaman.

5. Sebelum memulai perjalanan jangan mengisi perut terlalu penuh, hal ini dapat membuat perut Anda mual ketika di perjalanan.

6. Bila Anda seorang yang mudah mual, sebelum berangkat jangan lupa mengonsumsi obat anti mabuk, selain itu ada baiknya bila Anda duduk di jok depan. Balsem atau minyak angin juga diperlukan dalam perjalanan, jadi jangan sampai ketinggalan.

7. Jangan lupa membeli bahan bakar, karena biasanya pom bensin di rute mudik akan dipenuhi oleh kendaraan para pemudik lainnya.

Mudik dengan Kendaraan Umum

1. Belilah tiket yang senyaman mungkin. Bila memungkinkan, lebih baik Anda mengeluarkan uang sedikit berlebih untuk kendaraan yang lebih nyaman. Ada baiknya berangkat mudik pada waktu yang belum terlalu padat, paling lama sehari sebelum hari libur bersama atau satu hari sehabis masa libur.

2. Beberapa hari sebelum berangkat, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat. Karena bila tiba-tiba Anda sakit perut, Anda tak bisa memaksa supir untuk memberhentikan mobil.

3. Bawa barang secukupnya, agar tidak merepotkan Anda.

4. Mengonsumsi vitamin sebelum berangkat sebaiknya juga dilakukan, apalagi jika perjalanannya berhari-hari.

5. Ada baiknya memilih kendaraan yang memulai perjalanan pada jam istirahat yaitu malam. Lebih bagus pergi dengan jadwal seperti ini, agar selama di perjalanan Anda lebih mudah tidur. Tapi jangan sampai ketiduran dan selalu simpan barang berharga di tempat yang aman.

Khusus untuk Pengemudi

1. Tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan.

2. Bila mata Anda bermasalah, sebaiknya lakukan perjalanan di pagi hari.

3. Selalu sediakan makanan kecil di mobil serta siapkan uang receh untuk pengemis/pengamen.

4. Lakukan peregangan setiap satu jam sekali. Hal ini agar Anda tak cepat merasa lelah.

5. Jika di dalam perjalanan Anda merasa ngantuk, ada baiknya untuk beristirahat sejenak.

Tambahan dari Admin

1. Selalulah diawali dengan berdoa, memohon keselamatan dan kenyamanan kepada Allah Ta'ala dalam perjalanan ini. Salah satu waktu doa yang makbul adalah ketika seseorang bepergian, maka jangan sia-siakan perkara ini.

2. Lebih utama bila Anda tidak berpuasa, karena selama beraktivitas mudik Anda membutuhkan energi yang banyak.

3. Bila Anda mengendarai mobil sendiri akan lebih menyenangkan bila sambil mendengarkan murottal Qur'an atau ceramah agama, sehingga perjalanan Anda tidak berlalu sia-sia.

4. Perhatikan dan patuhi setiap rambu-rambu lalulintas. Kontrol laju kendaraan Anda dengan sedang-sedang saja.

Selamat bermudik dan semoga selamat sampai tujuan...

Sumber: Uniqpost.com -dengan sedikit perubahan-.

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar