Rabu, 05 September 2012

Wah, Sungai Terpendek di Dunia Ternyata Ada di Indonesia!


Tahukah Anda di mana letak sungai terpendek di dunia? Ternyata sungai tersebut berada di Indonesia, tepatnya di Sulawesi Tenggara. Namanya Sungai Tamborasi dan memiliki panjang hanya sekitar 20 meter saja.

Berbanding terbalik dengan Sungai Nil di Afrika yang merupakan sungai terpanjang di dunia, Sungai Tamborasi adalah sungai yang diklaim terpendek di dunia, seperti yang dikutip dari Wikipedia pada Kamis (26/7/2012). Sungai ini hanya memiliki panjang sekitar 20 meter saja.

hulu tamborasi


Dengan jarak yang sangat pendek dan memiliki lebar sekitar 15 meter, Tamborasi tidak terlihat seperti sungai, tapi malah lebih mirip danau berukuran kecil. Hanya saja, aliran airnya menguatkan bahwa ini memang sebuah sungai.

Sungai ini berada di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Dari Kota Kolaka, jaraknya sekitar 90 km ke arah utara. Aksesnya terbilang cukup mudah, melalui jalur darat. Sungai Tamborasi bisa dijangkau sekitar 1-2 jam. Waktu tersebut bukanlah waktu yang lama, apa lagi di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang menawan dari gunung marmer.

airnya hijau jernih


Sesampainya di Sungai Tamborasi, air jernihnya akan langsung menghipnotis Anda. Airnya berwarna hijau, tapi sangat jernih. Selain asyik untuk tempat foto-foto, Sungai Tamborasi juga seru jika dijadikan lokasi untuk bermain air. Udara di sekitar sungai juga sangat sejuk karena beratapkan pepohonan yang rindang.

Berenanglah ke arah hilir sungai dan temukan pantai yang menawan. Ya, Sungai Tamborasi memang berbatasan langsung dengan Pantai Tamborasi. Pasir putihnya yang cantik mampu memperkaya pemandangan di sini.

hilir tamborasi


Jangan heran jika Anda akan merasakan suhu air yang berbeda saat berenang. Di dekat hulu sungai atau di sekitar mata air, suhu akan terasa sangat dingin dan segar. Akan tetapi, ketika Anda berenang ke arah laut, suhu akan terasa hangat. Jadi, mau air dingin atau air hangat, pilih sendiri tempat bermain air Anda!

Sumber: detikTravel



Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

1 komentar: