Minggu, 13 Juli 2014

Inikah Batu Ababil yang Dulu Menghancurkan Pasukan Gajah Abrahah?


Masih ingat dengan kisah pasukan gajah yang hendak menyerang Kabah tetapi digagalkan oleh sekelompok burung ababil? Nah pada 11 November 2012 silam, seorang pria Saudi bernama Saleh Al Musfer Gamdi mengaku menemukan batu yang diduga dipakai oleh sekelompok burung ababil mengusir pasukan gajah.

Batu itu ditemukan Gamdi ketika tengah melakukan perjalanan berburu di pegunungan terjal di dekat perbatasan dengan Yaman. Batu berwarna gelap itu diakuinya dalam Al-Qur'an. Batu itu diklaim Gamdi terkait dengan peristiwa gajah. Karena pada batu temuannya terdapat gambar gajah dan burung, dengan berat batu itu sendiri 131 gram. Ini sama persis seperti yang dituliskan dalam surat Al-Fiil mengenai kisah pasukan gajah dan burung ababil.


Seperti diketahui ayat itu menyebutkan, Allah Subhanahu wa Ta'ala mengirim burung ababil untuk melemparkan batu Sijjil (kerikil neraka) untuk menghancurkan tentara yang dipimpin oleh panglima perang Yaman, Abrahah sebelum munculnya Islam untuk merobohkan Kabah di Mekkah. Surat Al-Fiil sendiri memiliki arti gajah, sebab saat itu merupakan tahun gajah.

Gamdi mengatakan, menemukan batu keras hitam kelabu itu di bagian selatan lembah Jarb. Daerah ini dulunya diketahui sebagai Green Wadi, yang tak lain tempat Abrahah dan tentara gajah itu tinggal selama jangka waktu tertentu sebelum menuju Mekkah.

"Setahun setelah saya
menemukan batu, saya meminta seorang teman Mesir yang kerabat bekerja di bidang arkeologi. Mereka menghubungi saya dan meminta saya untuk mengirim mereka gambar dari batu itu," kata Gamdi seperti dikutip dari Emirates247.com, Sabtu (12/7).

Dia menambahkan, kendati tak menjelaskan secara detail terkait kisah itu, tetapi para ahli memperkirakan umur batu itu hampir 1.442 tahun. Sementara itu, kabar penemuan batu yang dianggap memiliki nilai historis tinggi itu sontak menyebar ke seluruh penjuru Saudi.

Setahun kemudian, Gamdi mengaku pernah ditawari USD 4 juta atau sekitar Rp 38,8 miliar untuk batu itu tetapi Gamdi menolaknya. Bahkan dinas pariwisata memintanya untuk menyerahkan batu itu pun ditolaknya.

"Setelah serangkaian pesan dan panggilan telepon, mereka mengatakan mereka akan membeli batu untuk USD 4 juta tetapi saya menolak untuk menjualnya. Beberapa saat kemudian, departemen pariwisata di Baha (Saudi Arabia selatan) meminta saya untuk menyerahkan batu tetapi aku lebih lagi menolak," katanya saat itu.


Kisah Abrahah dimulai ketika dia merasa iri kepada Kabah yang kerap dikunjungi oleh banyak orang Arab yang ingin berziarah setiap tahun sebelum Islam. Dia memiliki keinginan yang besar untuk menghancurkan dan mengalihkan jamaah Arab ke Yaman, yang memiliki sebuah gereja besar yang dibangun oleh Abrahah.

Abrahah merasa yakin bahwa dia akan dapat menghancurkan Kabah dengan sangat mudah. Tetapi apa yang terjadi selanjutnya? Bantuan Tuhan tiba menurut Al-Quran. Burung-burung ini melemparkan banyak batu-batu dari tanah liat yang dilempar kepada tentara Abrahah yang menunggangi gajah dan ini yang menyebabkan kekalahan dan kehancuran mereka sebelum mereka berhasil merobohkan Kabah.

Benarkah itu batu yang di bawa burung ababil untuk menghancurkan pasukan bergajah Abrahah? Wallahu a'lam bish-shawab.

Sumber: Merdeka.com


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

5 komentar:

  1. meteor, pasukan gajah dan maulid nabi
    http://ekliptika.wordpress.com/?s=burung+ababil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya Allah yang lebih mengetahui manusia sangat terbatas pengatahuannya.

      Hapus
  2. wah, sangat bersejarah ini batu dari neraka.. hehe
    Mari berkunjung juga ke blog kami
    http://goo.gl/lof1EK

    BalasHapus
  3. As-Salam,..sy nk berkongsi dngn anda semua yg sy juga memiliki batu seperti ini.ALHAMDULILLAH..syukur ini suatu pemberiaan Dr ALLAH S.W.T yg MAHA ESA kepada sy.d batu yg sy miliki ini ada terlihat; (1)-d hujung sebelah kiri batu ini ada seekor burung yg mempunyai pusaran d blakangnya Dan membawa sebiji batu berwarna hitam..(2)-d tengah2 batu ini ada kaabah yg dpt kita lihat warna keemasan d tngh2 kain kaabah seumpama tulisan emas d atas kaabah..(3)-d hujung sebelah kanan ada beberapa ekor gajah

    BalasHapus