mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Rabu, 23 Juli 2014

9 Sumber Petaka di Jalan yang Jarang Kita Sadari


Mungkin banyak pengalaman yang kita alami selama berkendara di jalan raya. Terkadang kita miris melihat berbagai perilaku pengendara di jalan raya. Baginya mungkin tidak masalah, tetapi hal itu bisa menjadi masalah bagi pengguna jalan yang lain. Ada beberapa hal kecil yang tidak disadari pelakunya, tetapi hal ini sangat membahayakan pengguna jalan yang lain. Mau tahu apa saja?

1. Pakaian Pembonceng yang Menutupi Lampu Kendaraan


Hal ini tampaknya sepele dan sangat sering terlihat. Tanpa disadari oleh pelakunya, apa yang terjadi ini adalah sangat membahayakan pengendara yang di belakangnya, karena apa bila ia mengerem atau menyalakan lampu belok tidak akan terlihat pengendara di belakangnya. Itu sangat berbahaya. Dan sialnya, justru kemungkinan besar merugikan pengendara di belakangnya karena akan dianggap sebagai orang yang bersalah.

2. Naik Kendaraan yang Terlalu Pelan di Jalan Raya

Keinginannya mungkin untuk berhati-hati, tetapi hal ini sangat membahayakan dirinya dan orang lain. Hal ini dikarenakan akan menghambat laju kendaraan yang ada di belakangnya. Memang tidak harus kencang sekali, tetapi kita berkendara di jalan raya harus mampu menyesuaikan rata-rata kecepatan pengendara yang lain.

3. Keluar dari Gang Tidak Berhenti dan Tidak Tengok Kanan Kiri

Jika yang bersangkutan akan keluar gang tidak merasa menjadi masalah. Hal inilah yang membuat khawatir terhadap pengguna jalan raya yang searah. Maka sebaiknya jika kita keluar dari gang harus berhenti dan menengok kanan dan kiri walaupun keadaan sepi. Konsekuensinya, jika anda tidak melakukan hal di atas, nyawa anda, nyawa orang lain & kemulusan kendaraan anda dipertaruhkan.

4. Belok ke Gang dengan Menyalakan Sein Mendadak

Pengendara begini mungkin karena lupa atau ingin terlihat keren baru menyalakan lampu sein ketika jarak dengan gang sudah teramat dekat. Ini jelas mengakibatkan pengendara di belakangnya bakal terkejut, apalagi bila sebelumnya dia menyalip terlebih dahulu. Sebaiknya bila hendak belok ke gang lampu sein dinyalakan minimal 25 meter sebelum gang sambil memperlambat laju kendaraan.

5. Sein ke Kanan Malah Belok Kiri Dulu


Hal ini terjadi jika yang bersangkutan biasanya kan menyeberang dan membelok ke kanan. Banyak kita jumpai pengendara yang telah menghidupkan sein ke kanan tetapi ia malah belok dulu ke kiri (walaupun mungkin tujuannya untuk melihat kiri dan kanan dulu) tetapi hal ini sangat membahayakan kedua belah pihak. Jika kita akan belok ke kanan sebaiknya 100 m sebelum belokan kita sudah ambil posisi ke kanan sedikit demi sedikit dan menghidupkan lampu sein, lalu kita berhenti di tengah jalan sambil menunggu lalu lintas dari arah berlawanan. Walaupun kita tidak tengok belakang dulu dijamin deh, pasti aman.

6. Mengganti Tutup Lampu dengan Warna Tidak Semestinya

Mungkin dengan alasan agar terlihat bergaya pemilik motor mengganti tutup lampu dengan warna lain. Misalnya tutup lampu sein diganti dengan warna biru, hijau atau merah yang membuat pengendara lain tidak melihat jelas bila dinyalakan atau salah memahami karena dikira bukan lampu sein. Tentu ini bisa berakibat fatal, apalagi bila pengendara lain berkecepatan tinggi. Contoh lain, tutup lampu belakang diubah berwarna bening yang akan menyilaukan pengendara lain di belakangnya, ini juga bisa sangat mengganggu dan menyebabkan kecelakaan.

7. Spatboard Belakang yang Dipotong


Walaupun tidak membahayakan secara langsung bagi orang lain, tetapi hal ini sangat mengganggu pengendaraa yang ada di belakangnya. Hal ini dapat dirasakan pada saat hujan/gerimis, pengendara yang ada di belakangnya akan terkena cipratan dari putaran roda belakang, sehingga sangat mengganggu.

8. Menggunakan Ban yang Bukan Standarnya (Ban Kecil)

Ternyata ini cukup bahaya. Untuk berkendara di jalan yang kering, mungkin aman. Tapi bayangkan jika berkendara di jalan yang basah, licin atau berliku? Tentunya persentase kecelakaan jauh lebih besar karena ban kecil mempunyai reaksi yang kecil terhadap gesekan, dan ban menjadi mudah selip.

9. Wanita Berpakaian Seksi

Selain hal-hal di atas, ternyata wanita berpakaian seksi juga turut andil menjadi sebab kecelakaan di jalan raya. Perusahaan asuransi di Uganda, Sheila Wheel's, mengklaim bahwa rok mini bisa menarik perhatian para pengendara motor/mobil sehingga menurunkan konsentrasi mereka ketika mengemudi. Ini tidak bisa kita pungkiri, karena faktanya, kebanyakan dari kaum adam memang akan tergoda dengan wanita berpakaian seksi, yah minimal melirik. Dan ini bahaya jika dilakukan sambil mengemudi, apalagi saat berkecepatan tinggi.

Mungkin itulah, 9 hal yang tidak disadari oleh seorang pengendara tetapi sangat membahayakan bagi pengendara yang lain. Selain hal itu tentu saja banyak hal yang harus dipatuhi dan dihindari oleh pengendara kendaraan bermotor. Berkendaralah dengan bijak dan baik, ingat, keluarga anda menunggu di rumah. Semoga bermanfaat..

Sumber: Kaskus.co.id dan Kompasiana.com


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar