mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Kamis, 02 Oktober 2014

Fakta Islam: Mana Lebih Utama?


Tahukah kamu, di dalam agama Islam yang hanif ini ada beberapa perkara yang memiliki keutamaan di atas yang lainnya. Misalnya, tentang istri-istri Rasulullah, siapakah yang lebih utama di antara mereka, apakah Khadijah atau Aisyah? Atau mana yang lebih utama antara orang kaya bersyukur dengan orang miskin bersabar? Jawabannya ada di artikel ini. Jadi, silakan disimak!

Mana lebih utama?
10 AKHIR RAMADHAN atau 10 AWAL DZULHIJJAH

Dari keterangan Ibnul Qayyim rahimahullah, bahwa sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan lebih utama dari sepuluh malam pertama dari bulan Dzulhijjah karena di dalamnya terdapat lailatul qadar. Sementara sepuluh hari pertama Dzulhijah (siangnya) lebih utama dari sepuluh hari terakhir Ramadhan karena di dalamnya terdapat hari nahr (qurban), hari ‘Arofah dan terdapat hari tarwiyah (8 Dzulhijjah). Jadi masing-masingnya memiliki keutamaan, sepuluh terakhir Ramadhan pada malamnya dan sepuluh awal Dzulhijah pada siang harinya.
[sumber]

Mana lebih utama?
ORANG SHALIH atau MALAIKAT

Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah, bila ditinjau dari sisi awal permulaan, maka malaikat lebih utama dari orang shalih, dimana saat ini mereka tenggelam dalam peribadatan kepada Allah tanpa melakukan kemaksiatan seperti anak keturunan Adam. Namun jika ditinjau dari sisi kesempurnaan akhir kesudahan, maka orang-orang shalih dari kalangan manusia lebih utama dibandingkan malaikat, karena di dunia mereka diberikan berbagai ujian sedangkan para malaikat tidak. Sehingga kelak di surga kedudukan manusia lebih tinggi dibandingkan malaikat.
[sumber]

Mana lebih utama?
KAYA BERSYUKUR atau MISKIN BERSABAR

Orang kaya yang bersyukur itu lebih utama dibandingkan orang miskin yang bersabar. Alasannya, bahwa manfaat kebaikan dari orang kaya yang bersyukur juga akan mengenai orang di sekitarnya (dengan sedekah atau yang semacamnya). Sementara manfaat dari orang miskin yang bersabar hanya didapatkan oleh dirinya sendiri.
[sumber]

Mana lebih utama?
MAKKAH atau MADINAH

Ibnu Taimiyah rahimahullah menerangkan, berdasarkan dalil-dalil yang shahih maka telah tsabit bahwa Makkah adalah sebaik-baik bumi Allah dan juga bumi Allah yang paling dicintai Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam. Hal ini jelas menunjukkan akan keutamaan dan kemuliaan Makkah dibandingkan Madinah, meskipun di sana terdapat jasad Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dimakamkan.
[sumber]

Mana lebih utama?
KHADIJAH atau AISYAH

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menerangkan, bahwa Khadijah radhiyallahu 'anha memiliki pengaruh besar pada permulaan Islam, perjuangan serta pengorbanan beliau dalam dien tidaklah dapat disejajarkan dengan Aisyah radhiyallahu 'anha. Tidak pula disamai oleh Ummahatul Mukminin yang lainnya.

Adapun pengaruh Aisyah radhiyallahu 'anha ada di tahap akhir Islam, andil beliau sangat besar dalam membawa dien dan menyampaikannya kepada umat. Demikian pula ketinggian ilmu beliau dalam perkara agama tidaklah dapat disamai oleh Khadijah radhiyallahu 'anha serta yang lainnya.

Maka kita katakan, di awal dakwah Islam Khadijah berjasa besar, namun di akhir kehidupan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan sesudahnya, giliran jasa besar itu milik Aisyah. Masing-masingnya mempunyai keistimewaan yang tidak dipunyai oleh yang lain.
[sumber]

Mana lebih utama?
MUAWIYAH BIN SUFYAN atau UMAR BIN ABDUL AZIZ

Ahlus Sunnah telah bersepakat bahwa meskipun Umar bin Abdul Aziz mempunyai jasa besar bagi Islam, namun Mu'awiyah bin Sufyan tetaplah lebih utama, karena beliau adalah sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ipar beliau, penulis beliau, dan orang kepercayaan beliau dalam menulis wahyu Allah. Kedudukan beliau sebagai sahabat Rasulullah tidaklah bisa ditandingi oleh orang-orang setelahnya.
[sumber]

Mana lebih utama?
SHALAT MALAM atau MENUNTUT ILMU

Syaikh Utsaimin rahimahullah menjelaskan, menuntut ilmu lebih utama dibandingkan shalat malam. Sebab dengan menuntut ilmu maka kemanfaatannya tidak hanya untuk dirinya saja melainkan juga bagi orang lain dengan ia menyebarkannya. Sedangkan manfaat shalat malam hanya ia peroleh untuk dirinya sendiri. Para ulama juga menyepakati bahwa orang berilmu lebih tinggi derajatnya daripada ahli ibadah.
[sumber]

Demikianlah pembahasaan seputar keutamaan dari beberapa perkara di dalam agama ini. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bish-shawab.


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar