mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Minggu, 22 Februari 2015

Sungguh Memukau! Kelopak Mawar ini Berwarna Pelangi


Namanya Rainbow Rose atau mawar pelangi. Penampakannya yang cantik sangat memukau banyak orang. Namun kalau anda pikir ini adalah hasil persilangan atau rekayasa genetik, anda keliru. Anda pun bisa membuat mawar cantik nan memukau ini. Hmm, anda siap?!

LANGKAH PERTAMA :


Siapkan beberapa mawar putih beserta tangkainya sepanjang kira-kira 25-30 cm.

LANGKAH KEDUA :


Belah tangkai bunga mawar hati-hati dengan pisau sepanjang 10-15 cm. Belah menjadi 2-4 bagian, tergantung berapa warna yang anda inginkan.

LANGKAH KETIGA :


Tuangkan pewarna makanan ke dalam gelas berisi air lalu aduk hingga tercampur merata. Ingat, pewarna jangan dicampur dalam satu gelas, tapi sendiri-sendiri.

LANGKAH KEEMPAT :


Celupkan tangkai mawar yang tadi sudah dibelah ke dalam air berwarna. Satu bagian belahan dimasukkan ke gelas yang berbeda. Usahakan posisi bunga mawar tegak lurus.

LANGKAH KELIMA :


Sekarang tunggu hingga 24 jam untuk melihat keajaiban yang terjadi.

dan inilah hasilnya..


Kenapa Bisa Begitu?

Ini merupakan proses fisika sederhana dengan memanfaatkan sistem transportasi tanaman vaskular. Tabung xylem dari batang mawar akan memompa air dan mengirimkannya ke ujung atas, ke daun dan kelopak bunga. Jika batang mawar terendam dalam air berwarna, ia akan memompakan air itu ke bunga. Lalu melalui kelopaknya, air itu akan menguap ke udara dengan meninggalkan partikel warna yang ada. Dengan cara ini warna tersebut disimpan di kelopak. Nah, bunga mawar putih adalah media terbaik untuk menampilkan warna-warna tersebut.

Sumber: Ayoberkebun.com & Wikihow.com


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar