Senin, 11 Juni 2012

Bagaimana Awan UFO Terbentuk?

awan lentikular


Lenticular Clouds adalah awan terbentuk unik yang biasanya berbentuk di sekitar bukit-bukit dan gunung sebagai akibat dari pergerakan udara. Awan ini terlihat cukup berbeda dari awan-awan di sekitarnya, kadang menyerupai piring terbang raksasa atau sesuatu seperti tumpukan miring dari panekuk (pancake). Banyak gunung terkenal di seluruh dunia yang sering diambil gambarnya karena terdapat awan lenticular ini di puncaknya, termasuk Gunung Shasta dan Gunung Fuji.

awan lentikular


Awan lenticularis terbentuk ketika arus udara lembab bergerak ke atas melalui sebuah gunung, menyebabkan air mengembun dan membentuk awan. Udara yang dibawanya kemudian menjadi pola gelombang, menghasilkan sesuatu yang dikenal sebagai awan gelombang. Awan gelombang dapat terlihat seperti piringan atau cakram yang menyebar keluar dari sisi bawah angin gunung. Mereka juga dapat membentuk gelombang miniatur yang kadang-kadang tampak persis seperti laut berombak.

awan lentikular


Satu hal yang menarik tentang awan lenticular adalah awan tersebut terlihat seperti diam dan membeku. Namun pada kenyataannya, awan ini tetap bergerak karena aliran udara lembab terus memberikan awan dari sisi atas angin, bahkan hingga air menguap dan lenyap dari sisi bawah angin. Awan lenticular dapat terlihat selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, sampai terjadi perubahan angin atau perubahan yang akan membuat awan itu mulai menyebar. Mengamati dan mengidentifikasikan awan lenticular umumnya cukup mudah karena bentuk awannya yang begitu khas.

awan lentikular


Sumber: Super Dahsyat Kejadian-Kejadian Menakjubkan, penulis: Avivah V. Ufah, penerbit: Diva Press, hal. 47-48.

Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

2 komentar:

  1. salam kenal gan, kunjungi blog saya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims udh brkunjung kemari, oya blognya apa mas?

      Hapus