Selasa, 30 Oktober 2012

Tips Sederhana Menanam Anggrek

bunga anggrek


Tidak sedikit dari kita ingin memiliki keahlian dalam menanam anggrek di rumah. Dengan mengetahui beberapa tips sederhana tentang cara menanam anggrek, Anda dapat menumbuhkan anggrek sama mudahnya seperti seorang penanam profesional.

Bunga anggrek adalah bunga yang eksotis, cantik dan relatif sederhana untuk tumbuh selama Anda mengetahui cara yang tepat untuk merawat anggrek seperti di bawah ini.

Memahami Teknik Penanaman

Bibit anggrek yang bagus adalah yang sudah memiliki umur 1 tahun atau daun yang dimilikinya telah mencapai 1 cm dan disertai dengan kemunculan dua hingga tiga helai akar.

Semua bibit anggrek bisa Anda tanam pertama kali di dalam pot plastik. Setelah tiga bulan, anggrek tersebut dapat dipindahkan ke tempat yang baru seperti pot kecil berukuran 8 hingga 10 cm untuk tiga atau lima tanaman. Jangan lupa untuk memasukkan larutan fungisida serta pupuk organik.

Hingga tiga bulan berikutnya bibit anggrek yang telah tumbuh itu bisa dipindahkan ke tempat yang lebih besar untuk ditanami satu tanaman. Selain itu, setiap enam hingga delapan bulan sekali Anda perlu mengganti medianya dengan yang baru.

Memahami Akar

Sering kali Anda akan mendapati akar dari tanaman anggrek Anda mulai tumbuh keluar dari tempat penanamannya. Anda mungkin tergoda untuk memasukkan kembali akar-akar yang keluar itu ke tempatnya semula, ini justru dapat membahayakan tanaman Anda.

Sebaiknya, untuk merawat anggrek pindahkan ke pot yang lebih besar dimana akar akan memiliki ruang cukup untuk tumbuh.

Menegakkan Batang Tanaman

Batang tanaman anggrek dapat tumbuh agak tinggi. Jika Anda pernah membeli anggrek di toko bunga, Anda bisa melihat bahwa tanaman tersebut disokong dengan penyangga.

Dengan menggunakan penyangga, Anda dapat menegakkan batangnya hingga berdiri tegak dan berat alami tanaman ini tidak membuatnya jatuh seiring pertumbuhannya.

Menjaga Suhu

Mengetahui cara menanam anggrek tergantung pada kebutuhan utamanya, misalnya suhu. Anda harus selalu memastikan bahwa anggrek Anda tetap berada di lingkungan dengan suhu 15 hingga 35 derajat celcius.

Selama Anda konsisten menjaga suhu yang tepat bagi anggrek, Anda akan melihat keberhasilan dalam merawat anggrek.

Beberapa langkah sederhana di atas bisa anda ikuti dan pastikan untuk memberikan penyiraman, suhu serta intensitas cahaya yang tepat bagi anggrek Anda.

Teknik Menanam dan Memindah Tanaman Anggrek

Nah berikut saya kasih tahapan-tahapan melakukan pemindahan anggrek ke media baru yang saya ambil screen shootnya dari Infokit Trubus.

Langkah memindahkan seedling (bibit anggrek)

memindahkan seedling


Cara menanam anggrek remaja

menanam anggrek remaja


Persiapan menempelkan anggrek pot ke pohon

persiapan


Langkah Menempelkan anggrek ke pohon

menempellan di pohon


Nah, setelah selesai tentunya tinggal perawatan dan pemeliharaan, penyiraman sesuai kondisi, penyemprotan insektisida hanya jika diperlukan dan jangan lupa untuk memberikan pupuk secara priodik atau 6 bulan sekali jika menggunakan pupuk slow release. Semoga anggrek anda sehat dan rajin berbunga..

Sumber:
1. Tanaman.org
2. Indonesian Orchid

Baca juga:

5 komentar:

  1. oke mksih tipsnya kapan2 aku coba ..

    BalasHapus
  2. untuk penyiramannya.. berapa kali sehari tanaman anggrek di siram?
    terikasih :)

    BalasHapus
  3. yang norma anggrek disiram 2 hari sekali.Kalau cuaca panas bisa disemprot 2kali sehari pada pagi dan sore.Kalau hujan tidak perlu disiram.

    BalasHapus
  4. .thanks gan infonya bermanfaat banget. buat agan-agan yang minat sama anggrek bisa beli disini http://kebunbibit.com/en/17-anggrek

    BalasHapus