mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Jumat, 19 April 2013

Wow, Buah-Buah Ini Berbentuk Kotak!


Pas jalan-jalan ke supermarket mungkin kamu akan kaget dan heran melihat buah semangka berbentuk kotak padahal selama ini kamu tahunya semangka itu bulat. Dalam pikiran kamu, "Kok bisa ya? Gimana bikinnya?" Nah, kali ini admin akan kasih tahu kamu cara bikin semangka kotak.

Semangka kotak dibelah


Sebetulnya rekayasa bentuk seperti ini sudah ada sejak lama di Jepang. Bahkan sekarang ini tidak hanya kotak saja melainkan beragam bentuk, seperti segitiga, hati, bintang dll. Tak hanya semangka saja loh yang bisa dibikin kotak, buah-buahan yang lain juga bisa. Bahkan kebun buah Mekarsari di Bogor mengklaim merekalah yang pertama kali memproduksi buah melon berbentuk kotak di dunia. Hebat ya!

Melon kotak dibelah


Nah, untuk membuat buah kotak caranya gampang banget kita bisa melakukannya dengan cara memasukkan buah ke dalam kotak kubus plastik yang terbuat dari bahan kaca atau plastik akrilik sejak buah masih muda. Di sini, tak ada rekayasa genetika, yang ada hanyalah rekayasa bentuk. Sehingga meskipun berbentuk kotak tetapi buah tetap memiliki rasa manis dan renyah seperti yang berbentuk normal. Jadi perubahan bentuk ini tidak mempengaruhi kualitas rasanya.

Kotak transparan untuk 'mencetak' buah


Teknik pembuatannya, pertama-tama, benihnya ditanam di bak semai atau disebut dengan sistem hidroponik. Perlakuan khusus pada buah dilakukan di hari ke 15 setelah penanaman. Dalam cetakan kotak, buahpun dibentuk. Untuk mengubah satu buah berbentuk kotak, diperlukan dua sampai tiga kali pergantian kotak untuk menyesuaikan berat dan besar buah. Dan yang penting kita harus sabar dan telaten hingga masa panen.

Butuh kesabaran dan ketelatenan


Nah, selain semangka dan melon, berikut adalah buah-buahan yang berhasil di'kotak'an.

Unik semangka kotak dijadikan kado


Melon kotak bikinan Mekarsari


Jeruk kotak bikinnya nggak gampang loh


Stroberi kotak tetap mungil namun cantik


Kalau kamu kreatif kamu juga bisa bikin model selain bentuk kotak seperti di bawah ini.

Semangka berbentuk segitiga


Semangka berbentuk piramid


Semangka berbentuk hati


Semangka berbentuk wajah orang


Melon berbentuk hati


Melon berbentuk bintang


Tomat lonjong


Ketimun hati dan bintang


Buah pear berbentuk bayi


Oiya, mungkin kamu juga bisa coba meng'kotak'an buah durian atau nangka pasti hasilnya keren. Selamat berkarya!


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

4 komentar: