mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Senin, 19 Agustus 2013

Mana yang Benar, Silaturahim atau Silaturahmi?


Pertanyaan: Mo tanya, yg bener itu silaturahmi ataukah silaturahim? Trims.

Dari: AN lor wetan

Jawaban:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Secara tinjauan bahasa arab, kata “Silaturrahim” ditulis dengan [ ﺻِﻠَﺔُ ﺍﻟﺮَّﺣِﻢِ]. Jika kita beri harakat lengkap, cara membacanya: Silaturrahimi. Jika kita pecah, terdiri dari dua kata: silah, [arab: ﺻِﻠَﺔُ] yang artinya hubungan dan rahim [arab: ﺍﻟﺮَّﺣِﻢ] artinya rahim, tempat janin sebelum dilahirkan. Sehingga yang dimaksud silaturrahim adalah menjalin hubungan baik dengan kerabat, sanak, atau saudara yang masih memiliki hubungan rahim atau hubungan darah dengan kita.

Silaturrahmi ataukah Silaturahim?

Terdapat beberapa kata dalam bahasa arab yang mengalami infiltrasi ke bahasa kita. Hanya saja masyarakat indonesia tidak sepakat dalam ejaannya. Kendati lembaga bahasa telah membuat aturan baku EYD, namun tidak semua masyarakat terbiasa menggunakannya. Sebagaimana kata shalat. Ada yang menuliskan sholat, salat, atau solat. Mana yang benar? Bagi sebagian orang yang taklid dengan EYD, mereka akan membela kata salat. Tapi bagi sebagian yang kurang perhatian dengan bahasa, dia tidak akan mempermasalahkannya, yang penting enak dibaca.

Karena itu, sejatinya tidak ada yang perlu dipermasalahkan antara silaturrahmi ataukah silaturahim. Selama makna yang dimaksud sama, yaitu memperbaiki hubungan persaudaraan dengan kerabat. Anda boleh menyebut silaturrahmi atau silaturahim, karena keduanya sama.

Inilah makna kaidah yang ditetapkan para ulama,

ﻻ ﻣﺸﺎﺣﺔ ﻓﻰ ﺍﻻﺻﻄﻼﺡ

“Tidak ada perdebatan dalam istilah.”

Artinya, selama maknanya sama, tidak jadi masalah. Allahu a’lam.

[Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits - Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com]

Admin: Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang digunakan adalah kata "silaturahmi". Yaitu,

si·la·tu·rah·mi n tali persahabatan (persaudaraan): malam --; tali --; ber·si·la·tu·rah·mi v mengikat tali persahabatan (persaudaraan): mereka - ke rumah sanak saudaranya

Sementara dalam ilmu syariat lebih sering digunakan istilah "silaturahim". Wallahu a'lam.

Sumber: Konsultasisyariah.com


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar