mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Kamis, 23 Januari 2014

[RevieWeb] Wisata Virtual Panorama Makkah, Madinah dan Al-Aqsha


Kota Mekah dan Madinah merupakan dua kota suci umat Islam. Di sanalah terletak Ka’bah dan Masjid Nabawi yang menjadi dambaan kaum muslimin untuk dikunjungi.

Selain keberadaan dua masjid besar tersebut, masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah di kota Mekah dan Madinah dan wilayah sekitarnya. Ada bukit Nur dengan gua Hira’-nya dan juga padang ‘arafah. Di wilayah Madinah ada masjid Quba, masjid pertama yang dibangun dalam sejarah hijrah kaum muslimin. Ada juga al Hijr, wilayah yang merupakan bekas kaum Tsamud, pengukir gunung batu.

Siapa yang ingin mengenal lebih dekat kota Mekah dan Madinah serta tempat-tempat bersejarah umat islam lainnya tanpa harus pergi ke sana? Dengan bantuan teknologi fotografi dan penyambungan gambar panorama, kaum muslimin dapat menikmati tur virtual ke tempat-tempat tersebut melalui situs: 3dmekanlar.com.

Di sana pengunjung dapat mengunduh berkas-berkas yang akan menampilkan wisata virtual secara otomatis di komputer anda. Anda akan disuguhi tampilan sepenuh layar yang dapat digerakkan dengan tetikus komputer. Gambar dapat pula diperbesar dan perkecil. Seolah-olah anda berada di sana, demikian klaim situs tersebut.

Tak hanya wilayah mekah dan madinah, di sana terdapat pula wisata virtual dengan tampilan panorama berbagai masjid indah dan tempat menarik di Turki.

Wisata Virtual ke Wilayah Al-Aqsha


Saudi Aramco World telah menayangkan di situs webnya sebuah wisata virtual ke wilayah Al Aqsha. Melalui wisata virtual ini, pengunjung diajak berjalan-jalan menikmati pemandangan dari berbagai titik wilayah suci ini. Tidak hanya itu, ada narasi yang menjelaskan sejarah dan rincian tempat-tempat yang dikunjungi. Meskipun bukan berupa video, tetapi gambar-gambar panorama 360 derajat yang disuguhkan sangatlah menarik.

Pengunjung diajak untuk secara interaktif menjelajah, berhenti pada satu titik dan menikmati pemandangan dari titik tersebut. Pengunjung seolah-olah bisa memutar kepalanya ke segala arah dan melepaskan pandangan, bahkan melihat lebih dekat, obyek-obyek di sekitarnya.

Beberapa foto yang ditampilkan mengambil titik pandang yang tidak biasa. Dari atap Masjid Al Aqsha misalnya. Bahkan mereka yang datang langsung ke wilayah tersebut jarang (atau tidak sama sekali) memperoleh kesempatan menikmati pemandangan dari atap seperti itu.

Wisata virtual seri ke-3 ini membawa pengunjung dari salah satu gerbang wilayah Al Quds menuju Masjid Kubah Emas, Masjid Al Aqsha dan sisi lain dalam kompleks suci itu. Pengunjung berkesempatan melihat bagian dalam kedua masjid tersebut termasuk gua yang berada di bawah batu di dalam Masjid Kubah Emas.

Selain itu, pada situs yang sama telah tersedia pula wisata virtual jalan-jalan ke Al Hambra di Spanyol dan Masjid Sulaiman di Turki. Keduanya merupakan peninggalan dan monumen kejayaan Islam.

Dari ketiga wisata virtual tersebut kita bisa melihat betapa indah dan gemilangnya kejayaan Islam di waktu itu. Adakah kita yang akan mengembalikan kejayaan itu?

Sumber: al-habib.info 1 & al-habib.info 2

Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar