mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Minggu, 24 Agustus 2014

Mau Tahu Keadaan Dalam Bus Saat Terjadi Kecelakaan?


Siapa yang pernah kecelakaan pas naik bus? Semoga ga ada yah gan. Nah, kecelakaan itu ada berbagai tipe lo gan. Ada yang terguling terus terbakar, ada juga yang kepala vs kepala, habis itu masuk jurang, terus apalagi yah? Nyium belakang truk kadang-kadang juga kesrempet.

Nah di sini kayaknya ane bakal bahas yang serem-serem aja yah. Oh yah ane juga bakal share cara keluar dari kondisi tersebut. Okeh tanpa berlama-lama lagi kita langsung aja liat anuannya.

Kondisi Bus Jika Kecelakaan Beserta Tipsnya

1. Jika Bus Terguling



Kondisi di Dalam Bus
1. Sebelum terguling biasanya bus ugal-ugalan, karena penyebab bus terguling itu seringnya karena ugal-ugalan + supir yang belum mengetahui medan jalan. Jadi biasanya bus sebelum terguling ngebut gan dan kondisi bus agak gimana gitu.

2. Nah biasanya pas udah terguling semua penumpang bakal inget sama Tuhan, semua nyebut nama Tuhan, dan semua pasti panik. Di bagian ini ente sama sekali ga boleh panik. Kenapa? Nanti dijelasin di bawah.

3. Jika bus guling ke kiri (kayak ilustrasi) otomatis kaca kiri pecah, penumpang di sebelah kiri berdarah semua (ntu sering loh gan).

4. Jika bus sudah selesai terguling, seluruh penumpang bakal nangis (ga semua, cuman beberapa) dan beberapa mengeluh kesakitan dan semuanya masih nyebut nama Tuhan.

5. Kondisi bus gelap gulita.

Yang Mesti Ente Lakukan
1. Jangan panik. Jika ente panik, seluruh penumpang bakal panik. Kalo ini berlaku jika ente masih dalam keadaan sadar.

2. Cari alat pemecah kaca. Tujuannya buat mecahin kaca di atas ente, yang sebenernya itu kaca di sebelah kanan. Jika ga ada, ente bisa keluar lewat kaca depan (kabin supir) tapi jika posisi ente duduk di depan.

3. Jangan lupa pakai
penerangan, kondisinya gelap loh.

4. Nah kalo udah, ente tinggal minta tolong, tapi biasanya udah banyak warga yang nolong. Kalo ente jadi korban, mendingan diem di tempat sambil nunggu dapet bantuan dari warga sekitar yah.

2. Jika Masuk Jurang


Kondisi di Dalam Bus
1. Kondisi pertama semua tenang. Kan belum masuk jurang.

2. Pas masuk jurang biasanya ada suara keras dulu kek "BRAAKK!!" atau engga kek suara nyerempet.

3. Penumpang yang di depan teriak yang di belakang masih woles-woles aja biasanya karena pada ga tau. Nah baru deh pas merasa udah oleng baru tereak semua.

4. Semua nyebut nama Tuhan, biasanya ibu-ibu paling kenceng. Nah nanti pasti busnya ikut keguling.

5. Yupp pas dah selesai keguling, busnya udah sukses sampe di jurang.

Yang Ente Mesti Lakukan
1. Yang ente lakukan ga boleh panik pokoknya tunggu bus keguling dan berhenti.

2. Abis itu cari jalan keluar, satu-satunya lewat jendela dan otomatis itu udah pecah jadi tinggal keluar aja atau bisa juga lewat ventilasi udara yang di atas, bisa juga lewat pintu darurat.

3. Nah sesudah ente berhasil keluar, bantu yang lain gan, jangan seneng dulu.

4. Baru deh tunggu pertolongan dari warga sekitar. Hal ini ga berlaku jika ente menjadi korban yeh.

3. Jika Bus Terbakar


Keadaan di Dalam Bus
1. Pertama biasanya kalo kebakaran itu gara-gara mesin yah gan, jadi semua masih berjalan normal.

2. Nah biasanya sebelum bus kebakaran bakal keluarin asep, jadi bus dipinggirin. Nah nanti semua penumpang dikeluarin deh.

3. Biasanya langsung ada percikan api dan menyambar bus tersebut.

4. Dan akhirnya kebakar semuanya.

Yang Mesti Ente Lakukan
1. Jika ente masih di dalem bus dan tiba-tiba kebakar, tenang dulu gan (tenang mulu dari tadi). Ya iya keles emang lu mau ngapain?

2. Terus kalo tiba-tiba bus kebakar, ente mending keluar lewat pintu utama yah. Tapi biasanya udah penuh gan sama orang-orang. Nah kalo bijigitu, ente mending pecahin kaca aja yah.

3. Nah abis pecahin kaca ya udah ente keluar terus selamat deh.

4. Jangan lupa padamkan bus tersebut jangan mentang-mentang dah selamat malah cengar-cengir aje.

Ane jadi inget sama peristiwa bus pariwisata yang kebakaran di tanjakan paiton (kalo ga salah). Tau ga gan? Itu yang penumpangnya meninggal semua gara-gara kejebak dalam bus dan akhirnya kebakar di dalem.

"Kok kejebak di dalem?" Iyah gan, masalahnya pintu pake sistem hidrolik kalo ga salah jadi mesin harus nyala kalo pas mau buka pintu, terus ga ada alat pemecah kaca dan akhirnya semua ga ada yang selamat kecuali supir.

4. Jika Kepala Vs Kepala


Kondisi di Dalam Bus
1. Biasanya tabrakan kepala vs kepala ini pas lagi buka jalur busnya atau engga pas lagi nyalip eh dari depan ada mobil lain.

2. Nah kita ambil contoh yang 1 lajur aja yah? Jadi ceritanya lagi nyalip nih penumpang udah was-was biasanya.

3. Terus supirnya biasanya kurang perhitungan hingga bus tabrakan kepala vs kepala.

4. Penumpang depan tereak semua sambil nyebut nama Tuhan. Bodi bagian depan hancur semua. Penumpang belakang biasanya kejedot kursi, nanti yang di belakang pada berdarah.

Yang Mesti Ente Lakukan
1. Kalo ente duduk di bagian belakang sih gpp gan paling banter hidung ente berdarah atau malahan ga kena luka sama sekali. Kalo paling depan, ente tutupi wajah ente pakai tangan supaya ente ga kena serpihan kaca.

2. Kalo bisa ente kabur ke belakang. Tapi hal ini kayaknya ga mungkin mengingat kejadian akan sangat cepat.

3. Berdoa supaya ga kenapa-napa.

4. Jika sudah tabrakan, jika keadaan sadar, jangan keluar dari bus tapi tolongin penumpang di depan. Kenapa ane ngomong begini? Karena biasanya penumpang paling depan paling gede kena imbasnya. Makanya tolongin dulu. Jangan lupa evakuasi supir beserta kernet.

5. Buka pintu darurat + pecahkan kaca biar mudah keluarnya. Kalau seandainya di tabrak dari belakang, ga sampai separah di depan yah tapi tetep berakibat fatal kalau yang nabrak kencengnya kek kuda dikejer kuntilanak.

Terus Antisipasi Biar Selamat Pas Kecelakaan Bus Gimana Gan?

Nih tips dikasih tau ama agan Chamio jadi diperhatikan baik-baik kalo ga ente dianuin sama doi. Nih kata dia:

Kalo ane punya self defense sendiri makanya ane suka duduk sebelah kiri, kursi no. 3 dari belakang karena menurut ane, itu posisi paling aman di bis. Kenapa?

1. Jika terjadi tabrakan dari arah depan, entah kesalahan supir waktu nyalip atau kena kendaraan lain yang oleng, yang paling berbahaya moncong sama bagian kanan bis.

2. Jika tertabrak dari belakang, misalnya ada mobil truk atau bis akan menabrak dari belakang, semua orang pasti terhentak ke depan. Makanya ane selalu duduk dengan 1 kaki di atas, buat jaga-jaga selain kalau ada rem mendadak.

3. Posisi duduk seperti ini dekat dengan pintu belakang, gampang banget mau keluar bis.

Itu sih menurut ane. Tambahan lagi, dan kursi sebelah kiri selalu ane kasi tas ransel yang isinya baju-baju, jadi kalo ada apa-apa ga sampe kebentur kaca atau sisi bis sebelah kiri.

Gitu deh kata agan Chamio.

Sedikit menambahkan aja, kalo ente ga mau kenapa-napa di bus, bener kata tuh si cham, duduk nya jangan di depan. Tapi kalo ente suka liat bus balapan yah silahkan. Tapi inget, maut bisa datang kapan aja dan yang terpenting mah jangan panik kalo misalnya terjadi tabrakan.

Semoga bermanfaat ya gan tambahannya.

Admin blog: Lebih penting lagi jangan lupa berdoa ketika hendak melakukan perjalanan agar selamat sampai tujuan, selanjutnya bertawakal kepada Sang Pencipta.

Diambil dari tulisan agan Bryansnt20 di Kaskus.co.id.


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

2 komentar:

  1. kalo bisnya terguling terus penumpangnya mental gitu gimana?
    sayangnya bus Indonesia kebanyakan gak pake sabuk pengaman.

    BalasHapus
  2. Gue sering duduk paling depan.. biar greget

    BalasHapus