mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Minggu, 12 Oktober 2014

Amburegul! Nama-Nama Tempat di Indonesia yang Unik, Aneh, dan Lucu


Mengupas keunikan Indonesia kayaknya nggak akan habis-habis, secara memang negara kita kaya akan ragam budaya juga memiliki tempat-tempat eksotis yang bertebaran di mana-mana. Naa, kali ini yang mau kita kupas adalah nama-nama tempat yang aneh, unik dan yang pasti anti mainstream! Di mana ajah? Cekidot yuk!

1. Kecamatan Dukun


Entah dulu banyak dukunnya atau gimana ya sampai dijadiin buat nama kecamatan kek gitu. Dari info mbah Gogel, kecamatan Dukun ada dua tempat, di Gresik, Jawa Timur sama di Magelang, Jawa Tengah. Naa, foto di atas kayaknya ngambil yang di wilayah Gresik.

2. Dusun Koplak


Tahu arti koplak kan ya? Itu basa jawa artinya bodoh, tapi kayaknya lebih pas diartiin konyol sih. Dusun Koplak ini ada di Kelurahan Umbulmartani, kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman. Sejarahnya belum nemu nih, mungkin karena banyak yang jualan koplak pisang kali yaa.. Uhh, dasar deh kamu koplak!

3. Desa Tutup


Desa Tutup ini ada di kecamatan Tunjungan, kabupaten Blora, Jateng. Eh, kayaknya susah deh kalo mau bikin ktp di sini, tiap ke balai desa eh Kantor Kepala Desa Tutup. Bukanya kapan sih??

4. SD Negeri Bokong


Hmm, amberegul yaa.. Sekolah dasar ini memang ada di dusun Bokong, jadi terpaksa deh dinamain kayak gitu. Kabarnya sih nama dusun Bokong sebenernya sudah diganti jadi dusun Sonoharjo, tapi nggak tau juga sih kenapa masih dipake sampe sekarang. Hoki kali! Oiya alamatnya di desa Margokaton, kec. Seyegan, kabupaten Sleman.

5. Desa Pocong


Waduh kenapa dinamain desa Pocong sih, apa gara-gara banyak penampakan pocongnya di sana? Gak tau juga sih. Buat yang mau uji nyali boleh kok ke sana, tapi gak jamin ketemu pocongnya loo. Desa ini masuk kecamatan Tragah, kabupaten Bangkalan, Jatim. Katanya sih 11 kiloan dari jembatan Suramadu.

6. Desa Golok


Denger kata golok pasti mikirnya buat nyembelih atau tebang tanaman. Naa di kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jateng, ada desa bernama Golok. Wah, apa gara-gara warganya pada suka bikin golok kali ya?

Bahrelway, kalo tempat-tempat tadi kita gabungin jadi satu maka jadilah... Dukun koplak tutup bokong pocong pake golok. Hahaha, amberegul banget itu!!

Lanjut ah!

7. SD Negeri Setan


Pasti kamu baca 'e' nya kayak satE ya? Bukan gitu. 'E' nya dibaca kayak ketan. Jadi bacanya setan bukan sEtan. Oiya, SD Negeri Setan berada di kec. Secang kab. Magelang. Selain di Magelang ada juga Dukuh Setan di Sleman, Yogyakarta.

8. SD Negeri Gandulan


Gandulan itu kalau diindonesiakan artinya gantungan atau gelantungan. Naa, Desa Gandulan ini lokasinya dekat Rawa Pening. Tapi masuknya wilayah kec. Kaloran, Temanggung, Jateng.

9. Desa Siluman


Setelah desa Pocong dan Setan, giliran ada desa Siluman nih. Desa ini masuk wilayah kecamatan Pabuaran, kab. Subang Jawa Barat. Eh, ternyata nggak di Subang aja sih, di Tasikmalaya juga ada desa Siluman. Hiii...

10. Desa Toket


Tahu kan ya toket? Bukan serangga yang bikin kulit gatel itu, itu tomket. Eh, kamu nggak tau apa itu toket? Ya ampun, ya udah masuk sini aja biar dapet pencerahan. Desa Toket ini berada di pulau Madura di kabupaten Pamekasan kec. Proppo. Ya udah silakan berkunjung ke sana.

11. Desa Semut


Desa Semut lokasinya deket pantai, jadi kalo kamu mau ke sini siap-siap aja kena rob laut. Desa ini masuk wilayah kec. Wonokerto, kab. Pekalongan.

12. Desa Kandangsapi


Mungkin kamu harus bersyukur banget nggak lahir di desa ini. Bayangin aja kalo ada yang nanya, "Bro, kamu dulu lahir di mana sih?" Trus kamu mau jawab, "Ngg.. Anu, Kandang Sapi." Duh, kasian banget kamu. Yah sudahlah. Desa ini berada di kec. Jenar, kab. Sragen Jawa Tengah. Hayuk ke kandang sapi!

Bahrelway, yang ini juga nggak kalah amberegulnya kalo digabungin, jadinya: setan gandulan dan siluman toket cari semut di kandang sapi. Kocak abis deh!

Lanjut lagi ah!

13. SD Negeri Danger


Waduh ini sekolah bahaya banget! Eh, cuma becanda kok, secara Danger itu bahasa Inggris ya, artinya bahaya gitu. Nah, sekolah dasar ini ada di Desa Danger, kec. Masbagik, kab. Lombok Timur (Lotim), Nusa Tenggara Barat. Silakan mampir.

14. MAN Nglawak


Ini sekolah buat jadi komedian yaa? Ntar jadi pelawak relijius gitu ya? Yaelaaah... Sekolahan ini berlokasi di Desa Nglawak, kec. Kertosono, kab. Nganjuk, Jatim.

14. SMK Sore masuk pagi


Contoh sekolahan inkonsisten nih, katanya sekolah sore tapi maunya masuk pagi, gimana sih? SMK Sore tapi masuk pagi ini ada di desa Manisrejo, kec. Taman, Kota Madiun. Kenapa dinamakan Sore ya?

16. Desa Kebocoran


Kalo kamu mau nginep di desa ini harus siap-siap kebocoran loh. Brrrr! Desa di Banyumas, Jateng yang masuk wilayah kecamatan Kedung Banteng ini memang punya nama Kebocoran jadi siap-siap ajalah kena bocor. Hehehe...

Bahrelway, coba gabungin lagi yuk biar makin amburegul.. Gini nih jadinya: Danger (bahaya), nglawak sore-sore bisa nyebabin kebocoran! Tuh, makannya jangan suka nglawak nanti bocor loh..

Wahhh... mana lagi yaa daerah-daerah yang punya nama unik dan lucu di Indonesia? Yang tau kasih tau dong... Jangan pelit ah!

BONUS: Yang amburegul dari negeri seberang!

• Kampung Ketek


Eh, bacanya ketek (ketiak) atau ketek (monyet) sih?


• Kampung Tetek

Wah, Desa Toket versi negara tetangga nih..


• Desa Temu Jodoh

Hayuk, yang jomblo pada merapat kemari. Hidup jomblo!


Lucu-lucu yaa.. Ya udah, udahan dulu yak!


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

1 komentar: