mau ngiklan disini? klik gambar ini..

Minggu, 02 Februari 2014

Kenapa Hujan Bikin Kita Suka Pipis?


Cuaca dingin akibat musim hujan belakangan ini rupanya tak hanya memberikan pengaruh pada kemacetan jalan akibat banjir, tetapi juga pada aktivitas tubuh. Ya, salah satu efek yang muncul adalah peningkatan frekuensi buang air kecil. Apa sebabnya?

"Biasanya dalam kondisi normal tubuh memproduksi urine rata-rata 1 cc/kg/jam, namun dalam kondisi cuaca dingin bisa meningkat hingga 2 cc/kg/jam," ujar dr Chaidir A Mochtar, SpU, PhD, spesialis urologi dari RSCM, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Kamis (30/1/2014).

Menurut dr Chaidir, saat cuaca dingin sirkulasi darah akan menjadi lebih cepat, sehingga otomatis yang ditarik dan kemudian diproses oleh ginjal juga menjadi lebih banyak.

"Sebab dalam kondisi di luar dingin, kan pembuluh darah melebar agar orang tersebut tidak kedinginan," lanjut dr Chaidir, yang kini juga aktif sebagai Ketua IAUI (Ikatan Ahli Urologi Indonesia).

Sementara itu, Dr. dr. Nur Rasyid, SpU(K), Ketua Departemen Urologi RSCM, kepada detikHealth menjelaskan bahwa frekuensi buang air kecil yang meningkat saat musim hujan salah satunya adalah karena cuaca dingin membuat tubuh menjadi kurang memproduksi keringat.

"Wajar kok. Proses pengeluaran air kan selain lewat urine, juga lebih penguapan kulit dalam bentuk keringat dan penguapan napas. Nah, saat cuaca sedang dingin pembuluh darah menyempit sehingga penguapannya lebih sedikit lewat keringat," terang dr Rasyid.

Bukan berarti lantas Anda tak perlu memenuhi asupan air putih ya. Jika sedang tidak berada dalam kondisi akan melakukan perjalanan jauh yang sekiranya macet, usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan minum air putih sehari-hari, yaitu sekitar 2 liter per hari.

Selain melancarkan kerja sistem pencernaan dan mencegah sembelit, memenuhi kebutuhan air putih dalam sehari juga dapat mencegah risiko terkena penyakit batu ginjal dan membantu mengeluarkan dari racun dalam tubuh.

Sumber: detikHealth.com


Follow twitter @fadhlihsan untuk mendapatkan update artikel blog ini.



Baca juga:

1 komentar: